Hidupnya 'Terjepit' di Tengah-Tengah, Apa Itu Generasi Sandwich?
Apa Itu Generasi Sandwich (freepik)
15:24
13 Agustus 2024

Hidupnya 'Terjepit' di Tengah-Tengah, Apa Itu Generasi Sandwich?

Saat ini, tak sedikit masyarakat Indonesia yang menjadi generasi sandwich. Bagi yang belum tahu apa itu generasi sandwich, silahkan simak terlebih dahulu penjelasannya di bawah ini mengenai apa itu generasi sandwich.

Generasi sandwich merupakan istilah yang diterapkan untuk menggambarkan situasi atau kondisi finansial seseorang dalam suatu keluarga, di mana ia terhimpit tanggung jawab untuk membantu keuangan generasi atas dan generasi di bawahnya. Generasi atas itu umumnya adalah orang tua, sedangkan generasi di bawahnya umumnya adalah adik atau bahkan anak mereka.

Seseorang yang terjebak dalam generasi sandwich akan membagi penghasilannya untuk menghidupi orang tua dan anak mereka. Terlepas dari bagaimana kondisinya, seorang generasi sandwich harus cerdas memikirkan solusi keuangan untuk seluruh anggota keluarganya.

Bagaimana kamu tahu apakah kamu terjebak dalam generasi sandwich atau tidak?

Baca Juga: Generasi Sandwich di Indonesia Capai Jutaan Orang, Rentan Gangguan Mental

Caranya sangat mudah. Jika kamu memiliki tanggung jawab untuk membantu keuangan keluarga, untuk orang tua dan adik, padahal di satu sisi kamu juga harus menghidupi keluarga intimu yang terdiri dari pasangan dan anak-anak, maka kamu sudah berada di dalam situasi sebagai generasi sandwich. Kamu berada di tengah-tengah, hingga terhimpit seperti sandwich (roti lapis) untuk memenuhi kebutuhan orang tua dan juga anak-anakmu.

Istilah generasi sandwich muncul sejak 1981. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa setidaknya 47 persen orang dewasa berusia 40-50 tahun terjebak dalam generasi sandwich. Di Filipina, generasi sandwich umumnya berusia 30 hingga 35 tahun, sedangkan di Inggris dan Wales generasi sandwich di dua negara tersebut rata-rata berusia antara 45 dan 54 tahun.

Sementara itu di Indonesia, dataindonesia.id melakukan survei dan memperoleh data yang mengungkap hampir separuh atau 46 persen generasi z di Indonesia hidup sebagai generasi sandwich. Survei ini dilakukan pada 1 Agustus 2022 sampai 22 Oktober 2023 ini dilaksanakan secara daring kepada 472 responden generasi z di seluruh Indonesia. Survei menggunakan teknik simple random sampling dengan tingkat toleransi 5 persen. Dari hasil survei itu terungkap pula kondisi psikologis generasi sandwich, di mana mereka menjadi kesulitan untuk menabung dan mengkhawatirkan masa depannya sendiri. Tak hanya itu, bahkan tak sedikit di antara mereka yang mengalami stress dan burn out.

Demikian itu penjelasan mengenai apa itu generasi sandwich.

Kontributor : Mutaya Saroh

Baca Juga: Financial Literacy: Kunci untuk Menaklukan Generasi Sandwich

Editor: Vania Rossa

Tag:  #hidupnya #terjepit #tengah #tengah #generasi #sandwich

KOMENTAR