Kasus Burning Sun Seungri Viral Lagi Gara-gara Klub Malam di Surabaya, Ini Kronologinya!
Kasus Burning Sun Seungri (Tangkap Layar X)
16:52
10 Agustus 2024

Kasus Burning Sun Seungri Viral Lagi Gara-gara Klub Malam di Surabaya, Ini Kronologinya!

Media sosial digemparkan dengan kabar kehadiran Seungri dalam acara K-POP bernama Burning Sun di sebuah klub malam di Surabaya. Seperti apa kronologi kasus burning sun Seungri yang viral?

Dugaan ini muncul usai adanya foto Seungri yang terpampang dalam poster Burning Sun Surabaya yang telah diunggah di media sosial oleh pihak penyelenggara. Hal ini lantas membuat kasus Burning Sun Seungri kembali jadi perbincangan.

Banyak netizen di media sosial yang mengecam keras acara ini. Bahkan berbagai komunitas K-Pop pun ramai menyuarakan protes mereka ke pihak TSV Management. Protes tersebut dilemparkan oleh anggota komunitas K-Pop untuk dua konteks berbeda. Pertama karena acara itu menggunakan nama Burning Sun dan yang kedua karena Seungri diduga akan dihadirkan sebagai bintang tamu.

Baca Juga: Usai Skandal Burning Sun, Jung Joon Young Terciduk Goda Wanita di Prancis

Seperti yang banyak diketahui, saat ini Seungri sudah tidak lagi bergelut di industri hiburan Korea Selatan. Ia berhenti dari dunia entertaimen karena kasus Burning Sun yang menyeret namanya.

Kasus Burning Sun Seungri

Kasus Burning Sun begitu mengejutkan industri hiburan Korea Selatan yang terungkap melalui film dokumenter dirilis pada 19 Mei 2024. Film dokumenter garapan BBC bertajuk Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups tersebut juga berhasil membongkar keterlibatan Seungri.

Burning Sun adalah skandal prostitusi terbesar di Korea Selatan yang sudah ada sejak era Hallyu. Disebutkan bahwa ada banyak korban dalam kasus ini terutama perempuan. Korban-korban Burning Sun kebanyakan direkam tanpa izin oleh sejumlah pria yang menjadi 'otak' dalam kasus tersebut, hingga menyebarkan videonya di sebuah grup chat.

Tak hanya sebatas itu, Burning Sun juga merupakan skandal pemerkosaan terhadap perempuan-perempuan yang sebelumnya dibuat mabuk hingga tidak sadarkan diri. Bahkan, kekerasan fisik dan pemaksaan pun kerap diterima para korbannya.

Baca Juga: Zico Klarifikasi dan Ancam Lapor Polisi Usai Dituduh Sebagai Pencuri di Rumah Mendiang Goo Hara

Setidaknya ada tiga orang selebritas yang menjadi 'otak' kasus Burning Sun ini. Antara lain yaitu Seungri, Jung Joon Young, dan Choi Jong Hoon, mereka sudah dihukum penjara. Seungri diklaim sebagai kriminal utama di balik kasus Burning Sun.

Berdasarkan penyelidikan dalam kasus Burning Sun, Seungri kala itu ditetapkan sebagai pelaku dan terjerat beberapa tuduhan, termasuk penyedia prostitusi untuk dirinya sendiri serta orang lain, menyebarkan foto dan video ilegal.
Selain itu, penyanyi Korea Selatan itu juga dijerat dugaan penggelapan pajak, judi, hingga transaksi mata uang ilegal.

Pada Agustus 2021 lalu, Seungri divonis tiga tahun penjara dan denda 1,15 miliar won. Akan tetapi, ia mengajukan banding sehingga hukuman dikurangi setengahnya. Seungri akhirnya resmi bebas pada Februari 2023.

Rencana pergelaran acara Burning Sun Surabaya pada 31 Agustus mendatang kini membuat publik geram. Nama dan foto Seungri bahkan dimunculkan dalam promosi acara K-Pop di Surabaya itu, ia diduga akan hadir sebagai bintang tamu. Seungri pun diberi label 'Best Honor' dalam posternya.

Demikian tadi ulasan tentang kasus Burning Sun Seungri yang kembali jadi perbincangan. Meski banyak dikecam, hingga kini pihak penyelenggara belum memberikan klarifikasi apapun.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #kasus #burning #seungri #viral #lagi #gara #gara #klub #malam #surabaya #kronologinya

KOMENTAR