Profil Zilvia Iskandar, Jurnalis yang Jadi Moderator Debat Cawapres
Zilvia Iskandar, salah satu jurnalis yang ditunjuk menjadi moderator debat keempat Pilpres 2024 (Instagram @zilviaiskandar)
20:34
19 Januari 2024

Profil Zilvia Iskandar, Jurnalis yang Jadi Moderator Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan dua orang moderator yang akan memandu debat pilpres 2024 untuk cawapres pada tanggal 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Hal menarik pada debat kali ini adalah moderator yang keduanya perempuan, yaitu Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV.

Komisioner KPU RI August Mellaz menuturkan bahwa dalam memilih moderator debat pilpres 2024 memang didasarkan pada kompetensi serta representasi dari stasiun televisi penyelenggara.

"Kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara," ujarnya, Rabu (17/1/2024).

Seperti diketahui, Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar adalah dua orang jurnalis yang telah lama berkiprah dalam industri berita.

Maka tak heran jika KPU memilih mereka untuk memandu debat untuk para cawapres ketika adu gagasan nanti.

Zilvia Iskandar menjadi salah satu moderator yang banyak dibicarakan oleh publik, terutama di media sosial, sehingga tak sedikit yang penasaran tentang profil dan rekam jejaknya.

Profil Zilvia Iskandar

Zilvia Iskandar adalah seorang presenter berita yang mengawali kariernya di Metro TV pada 1 Mei 2012.

Saat itu ia mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8 yang kemudian langsung terjun ke lapangan untuk meliput berita.

Menurut informasi yang beredar, Zilvia awalnya mengaku tak begitu tertarik dengan dunia politik dan hukum, namun justru ia merasa tertantang hingga terjun ke bidang tersebut.

Alhasil, ia menjadi jurnalis yang kerap meliput berita tentang perpolitikan Indonesia, mulai dari berita pilkada, pilpres, dan peristiwa hukum seperti kasus korupsi.

Barulah sejak tahun 2013 ia mulai dipercaya menggawangi Headline News dan program Metro Malam.

Dengan pembawaan yang tegas dan tata bahasa yang apik, kemudian Zilvia dipercaya untuk menjadi pembaca acara di berbagai program berita Metro TV.

Beberapa program berita yang pernah ia jalani seperti Demi Publik dan News Story Insight (NSI).

Namanya semakin dikenal ketika Zilvia melakukan peliputan eksklusif dalam kasus First Travel yang sempat viral pada tahun 2017.

Bicara tentang latar pendidikan, ternyata Zilvia adalah sosok yang berprestasi. Ia merupakan lulusan terbaik BINUS University (2012) jurusan Sastra Inggris dengan predikat summa cum laude.

Selama sekolah pun, ia cukup aktif dalam berorganisasi. Diketahui Zilvia pernah menjadi ketua OSIS ketika mengenyam pendidikan di SMP Negeri I Manggar.

Selain itu, ia juga pernah menjadi Presiden di Bina Nusantara Englsih Club (BNEC) pada periode 2010-2011.

Sebagai seorang jurnalis yang kariernya mentereng, ia telah menyabet berbagai penghargaan bergengsi, seperti International Visitor Leadership Program (IVLP) USA 2019, News Casting Champion of Asian English Olympics 2012, dan Presenter Berita Terbaik dalam Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Dany Garjito

Tag:  #profil #zilvia #iskandar #jurnalis #yang #jadi #moderator #debat #cawapres

KOMENTAR