Bahas Joki Skripsi, Dian Sastro Terkenang Dapat Dosen Pembimbing Rocky Gerung
Potret Dian Sastro. (Instagram/@therealdisastr)
17:05
8 Agustus 2024

Bahas Joki Skripsi, Dian Sastro Terkenang Dapat Dosen Pembimbing Rocky Gerung

Aktris Dian Sastro baru saja membagikan pengalamannya saat mengerjakan skripsi saat hadir di kanal YouTube Najwa Shihab. Dalam obrolan itu, mereka pun menyinggung perihal joki skripsi.

Sebagai informasi, topik mengenai joki skripsi belakangan ramai di media sosial X. Banyak netizen yang kaget bahwa banyak mahasiswa yang menganggap praktik joki skripsi adalah hal wajar.

Bahkan praktik joki skripsi yang sudah lama terjadi di tingkat perguruan ini semakin dilakukan secara terang-terangan. Tak tanggung-tanggung, penyedia joki skripsi itu sampai bisa membuat usahanya menjadi sebuah Perseroan Terbatas (PT).

"Kemarin sempat ramai lagi karena sudah secara terbuka nawarin, skripsi premium berapa juta gitu. Pokoknya dikerjakan oleh profesional dan dosen, pokoknya dia menjanjikan akan berkualitas. Sampai sudah ber-PT perusahaan jokinya,” kata Najwa Shihab dikutip pada rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Nangis Lihat Arca, Dian Sastrowardoyo Biarkan Tas Mewah Puluhan Juta Terseok di Lantai!

Topik tersebut rupanya membuat pemain series Gadis Kretek ini teringat akan usahanya menyelesaikan skripsi. Saat itu Dian Sastro mendapat Rocky Gerung sebagai dosen pembimbingnya.

Bagi yang belum tahu, Dian Sastro mengenyam merupakan alumni jurusan Ilmu Filsafat Universitas Indonesia.

Ia mengaku setiap kali bimbingan, penyakit GERD-nya kambuh. Pasalnya, Rocky Gerung kala itu dikenal sebagai dosen killer.

"Lo bayangin gue skripsi sama Pak Rocky, tiap kali bimbingan GERD gue kambuh. Pak, damai ya, Pak. Alhamdulillah sudah lulus ya," kenang Dian Sastro.

Jika mendapat dosbing seperti Rocky Gerung yang galak dan kritis, menurut Dian Sastro tak akan ada mahasiswa yang berani memakai joki skripsi.

Baca Juga: Memanas! Hotman Paris dan Rocky Gerung Saling Sindir: Magnesium Jangan Dipakai di Wajah

“Kalau dosen pembimbingnya Pak Rocky, lo nggak mungkin pakai joki, karena dia teror mampus, benar-benar lo nggak bakal bisa ngarang bebas," lanjut Dian Sastro.

Namun diakui Dian Sastro, karakter pengajar seperti Rocky sangat diperlukan oleh mahasiswa agar tak asal lulus.

"Beliau tuh memang killer banget, galak banget, tapi memang memaksa kita semua, anak bimbingannya, untuk benar-benar baca, lulus, dan benar-benar ngerti," bebernya.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #bahas #joki #skripsi #dian #sastro #terkenang #dapat #dosen #pembimbing #rocky #gerung

KOMENTAR