Resah Seputar PP No 28 Tahun 2024, Mari Mengenal Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi
Ilustrasi mengenal jenis-jenis alat kontrasepsi (Freepik)
15:41
8 Agustus 2024

Resah Seputar PP No 28 Tahun 2024, Mari Mengenal Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi

Pemerintah telah meresmikan PP (Peraturan Pemerintah) no 28 tahun 2024 tentang penyediaan alat kontrasepsi untuk pelajar dan remaja. Seiring diresmikannya PP tersebut, penting untuk mengenal jenis-jenis alat kontrasepsi baik untuk remaja maupun dewasa.

Diketahui bahwa Pemerintah telah menetapkan aturan tentang kesehatan sistem reproduksi melalui PP (Peraturan Pemerintah) No 28 Tahun 2024 yang ditandatangani pada 26 Juli 2024 oleh Presiden Jokowi.

Dalam PP tersebut membahas Pelaksanaan UU (Undang-Undang) No 17 Th 2023 tentang Kesehatan. Adapun salah satunya mengatur tentang penyediaan alat kontrasepsi, baik untuk kelompok usia sekolah maupun pelajar/remaja.

Namun PP alat kontrasepsi tersebut menuai kritikan dari sejumlah pihak. Pasalnya, PP tersebut dinilai dapat memicu anggapan bahwa hubungan seksual untuk anak usia sekolah dan pelajar/remaja itu diperbolehkan.

Baca Juga: Ketua Muhammadiyah Sumbar Desak Revisi Aturan Alat Kontrasepsi untuk Pelajar: Pintu Masuk Seks di Luar Nikah!

Seiring ramainya pemberitaan penetapan PP alat kontrasepsi, penting juga untuk mengenal jenis-jenis alat kontrasepsi. Nah untuk selengkapnya, berikut ini jenis-jenisnya.

1. Pil KB

Salah satu jenis alat kontrasepsi paling populer dan banyak digunakan yaitu Pil KB. Dikonsumsi oleh perempuan secara teratur setiap hati, pil KB yang memiliki kandungan estrogen dan progesteron ini berfungsi mencegah terjadinya ovulasi, sehingga kehamilan pun tidak akan terjadi.

2. Kondom

Ada dua jenis kondom, yaitu kondom perempuan dan kondom pria. Namun, yang paling populer adalah kondom pria. Pemakaiannya dilakukan di alat kelamin pria. Kondom pria ini berguna untuk mencegah sperma masuk ke vagina ketika berhubungan intim. Kondom bersifat sekali pakai.

Baca Juga: Heboh Alat Kontrasepsi untuk Pelajar, Dokter Kandungan Sebut Edukasi untuk Remaja Juga Penting

3. Suntik

Jenis alat kontrasepsi lainnya yaitu suntik KB. Untuk suntik KB ini ada yang jangka waktunya, ada yang tiga bulan sekali, atau satu bulan sekali. Fungsinya untuk mencegah kehamilan. Suntik KB ini dinilai lebih efektif dibanding dengan pil KB. Hanya saja harganya cenderung mahal.

4. IUD

IUD atau sering juga disebut spiral, adalah sebuah alat kontrasepsi berbahan plastik yang memiliki bentuk seperti huruf 'T' dan dipasang di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Jangka waktu pemakaiannya bisa mencapai 10 tahun.

5. Implan

Implan ini jenis alat kontrasepsi yang mempunyai bentuk dan ukuran seperti batang korek api. Penggunaan implan ini dengan cara masukkannya pada bagian bawah kulit, umumnya di lengan bagian atas. Implan ini berfungsi mencegah kehamilan selama 3 tahun.

Demikian ulasan mengenai mengenal jenis-jenis alat kontrasepsi yang perlu diketahui. Selain di atas, ada juga jenis kontrosepsi lainnya yaitu Vagina Ring, sterilisasi, spermisda, diafragma, dan lainnya. 

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #resah #seputar #tahun #2024 #mari #mengenal #jenis #jenis #alat #kontrasepsi

KOMENTAR