Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Hari Kemerdekaan, Siap Pakai!
amanat pembina upacara tentang hari Kemerdekaan (Freepik)
19:50
4 Agustus 2024

Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Hari Kemerdekaan, Siap Pakai!

Sebagai guru, jadi pembina upacara peringatan Hari Kemerdekaan menjadi suatu kehormatan. Pembina upacara pun biasanya akan menyampaikan amanat. Adapun contoh amanat pembina upacara tentang hari Kemerdekaan yakni sebagai berikut.

Diketahui, tahun ini HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus sudah berusia 79 tahun. Untuk mencapai kemerdekaan, para Pahlawan terdahulu berjuang tanpa lelah bahkan hingga rela mengorbankan nyawa.  

Setelah perjuangan yang panjang, Indonesia pun akhirnya memperoleh Kemerdekaan yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pemerintah pun menetapkan setiap tanggal 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan.

Untuk memperingati Hari Kemerdekaan tersebut, masyarakat Indonesia pun diminta untuk melaksanakan upacara bendera baik di Instansi Pemerintah maupun di Sekolahan. Pada upacara bendera, Pembina upacara pun akan menyampaikan amanat.

Baca Juga: Syarat dan Cara Ikut Upacara 17 Agustus 2024 di IKN dan Istana Negara Jakarta

Nah jika upacara bendera dilakukan di lingkungan Sekolah, ada beberapa contoh amanat yang bisa dijadikan referensi. Nah untuk selengkapnya, berikut ini contoh amanat pembina upacara tentang hari kemerdekaan 17 Agutus ke-79.

Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Hari Kemerdekaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah serta para guru maupun staff, juga anak-anakku sekalian yang Bapak/Ibu banggakan

Serbelumnya, Saya ucapakan selamat HUT Kemerdekaan RI yang ke-79! Pada kesempatan ini, Alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Anak-anakku sekalian, sebagai penerus bangsa, kalian harus mempelajari dan menghargai sejarah para pahlawan dalam memerjuangkan Kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Baca Juga: Contoh Teks Doa 17 Agustus: Ucapan Syukur dan Harapan untuk Hut Kemerdekaan RI ke-79

Mereka sudah berkorban  bahka rela mengorbankan nyaka demi kemerdekaan bangsa kita. Maka sebagai wujud penghormatan, di sini saya ingin berpesan teruslah rajin belajar dan jadilah anak yang baik.

Selain itu, di hari Kemerdekaan ini, mari kita jadikan momen ini untuk menunjukkan semangat kebangsaan. Adapun beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu tetap menjaga kebersihan, saling membantu, dan bersikap sopan santun.

Itu adalah beberapa bentuk bahwa kita cintai negara dan siap untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

Itulah yang bisa saya sampaikan pada Hari Kemerdekaan ini, jika ada kekurangan dalam menyampaikan amanat mohon dimaafkan. Terima kasih dan saya akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Merdeka!

Demikian referensi contoh amanat pembina upacara tentang hari Kemerdekaan di lingkungan sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #contoh #amanat #pembina #upacara #tentang #hari #kemerdekaan #siap #pakai

KOMENTAR