HUT RI Ke Berapa Sekarang 2024? Inilah Rangkaian Acara Peringatan Kemerdekaan
HUT RI Ke Berapa Sekarang 2024? Inilah Rangkaian Acara Peringatan Kemerdekaan (Freepik)
19:34
4 Agustus 2024

HUT RI Ke Berapa Sekarang 2024? Inilah Rangkaian Acara Peringatan Kemerdekaan

Peringatan Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus sebentar lagi akan tiba. Lantas HUT RI 2024 ke berapa sekarang? Nah untuk mengetahuinya, simak berikut ini ulasannya lengkap rangkaian acara 17 Agustus 2024.

Diketahui bahwa tanggal 17 Agustus ditetapkan oleh Pemerintah sebagai peringatan  HUT Kemerdekaan RI. Dalam kalender akademik, tanggal 17 Agustus juga masuk dalam daftar tanggal merah Hari Libur Nasional.

Adapun Kemerdekaan RI jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Terhitung sejak 1945, kira-kira HUT RI 2024 ke berapa sekarang? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya lengkap dengan rangakaian acara 17 Agustus 2024.

Usia Kemerdekaan RI dan Rangkaian Acaranya

Sejak 1945, peringatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus sudah memasuki usia ke-79 tahun. Pemerintah pun telah menetapkan tanggal 17 Agustus sebagai HUT Kemerdekaan RI dan masuk dalam daftar Hari Libur Nasional.

Baca Juga: Dua Suporter Jadi Korban Pembacokan Usai Pertandingan Persis Solo vs Persija Jakarta

Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79, Mensesneg Pratikno telah menyampaikan rangkaian kegiatan acara peringatan kemerdekaan Agustus 2024. Adapun acara digelar mulai dari hari Kamis, 1 Agustus 2024.

 “Rangkaian bulan kemerdekaan pada tahun ini seperti tahun yang lalu akan dibuka dengan dzikir dan doa kebangsaan,” ucap Pratikno melalui konferensi pers pada Kamis (1/8/2024) di Jakarta.

Untuk pembacaan dzikir dan doa kebangsaan ini akan hadiri oleh Presiden Joko Widodo serta para ulama, para pemimpin agama, dan ribuan peserta lainnya. Setelah itu, akan dilakukan upacara pengukuhan Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) oleh Jokowi.
 
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika sebelumnya Pengukuhan Paskibra ini dilaksanakan di Jakarta, tahun ini akan dilaksanakan di IKN, Kalimantan Timur. Untuk Upacara Penganugerahan tanda Kehormatan dilakukan di Istana Negara Jakarta.
  
Tahun ini, ada beberapa rangkaian acara Kemerdakaan yang akan digelar pada bulan Agustus. Berikut ini rangkaian kegiatan Bulan Kemerdekaan 2024 ke-79 berdasarkan keterangan Mensesneg Pratikno.

1. Zikir dan doa kebangsaan yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakart

2. Pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Jokowi di IKN

Baca Juga: Macan Kemayoran Keok, Carlos Pena Ungkap Kelemahan Fatal Persija Jakarta

3. Upacara penganugerahan tanda kehormatan  yang digelar di Istana Negara, Jakarta

4. Pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN Tahun 2025 dan nota keuangan yang akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR/DPD

5. Pelaksanaan AKRS (apel kehormatan dan renungan suci) pada 17 Agustus 2024 pada pukul 00.00 yang akan digelar di dua tempat , yakni di Taman Kusuma Bangsa IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta

6. Upacara proklamasi kemerdekaan RI di IKN menggunakan WIB (Waktu Indonesia Barat).

7. Upacara dilaksanakan di halaman Istana Merdeka Jakarta sesuai dengan tata upacara militer di IKN.

8. Upacara penurunan bendera merah putih digelar di dua tempat, yakni di Istana Merdeka Jakarta dan IKN

Demikian informasi mengenai HUT RI 2024 ke berapa sekarang lengkap dengan rangkaian acara pada bulan Kemerdekaan tahun 2024. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #berapa #sekarang #2024 #inilah #rangkaian #acara #peringatan #kemerdekaan

KOMENTAR