Bukan Buat Anak-anak, Ini Lomba 17 Agustus Khusus Dewasa yang Seru dan Menantang!
Ayah Ayu Ting Ting, Abdul Rozak saat ikut lomba 17 Agustus di rumahnya kawasan Depok, Jawa Barat pada Kamis (17/8/2023). [Suara.com/Rena Pangesti]
13:43
1 Agustus 2024

Bukan Buat Anak-anak, Ini Lomba 17 Agustus Khusus Dewasa yang Seru dan Menantang!

Libur nasional setiap tanggal 17 Agustus selalu dinanti-nanti. Bukan cuma untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI, tapi juga acara dan hiburan yang seru dan penuh kegembiraan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hari Kemerdekaan RI selalu dirayakan dengan berbagai acara seremonial dan kegiatan budaya di seluruh negeri. Lalu, tanggal 17 Agustus 2024 hari apa dan apakah merupakan hari libur nasional?

Sejak proklamasi kemerdekaan, tanggal 17 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Pada tahun 2024, tanggal 17 Agustus jatuh pada hari Sabtu, sehingga tidak ada tanggal merah alias libur tengah pekan.

Meski jatuh di hari Sabtu, perayaan Hari Kemerdekaan tetap bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan lomba-lomba meriah. Tidak cuma anak-anak, ada juga loh lomba 17 Agustus dewasa yang populer dilakukan. Berikut adalah beberapa ide lomba khusus dewasa yang bisa menambah keseruan di Hari Kemerdekaan:

Baca Juga: Lupakan Panjat Pinang! Ini 5 Lomba 17 Agustus Kekinian yang Bikin Ngakak!

1. Lomba Balap Bakiak

Tidak ada yang bisa menyamai keseruan lomba balap bakiak dalam perayaan kemerdekaan. Peserta akan memperebutkan kemenangan dengan balapan menggunakan bakiak tradisional. Tantangan utama adalah menjaga keseimbangan dan kekompakan saat melaju melewati rintangan di jalan. Lomba ini bisa dilakukan secara individu atau tim, yang menjadikannya lomba yang sederhana namun penuh kegembiraan.

2. Lomba Menghias Tumpeng

Lomba menghias tumpeng adalah kombinasi seni kuliner dan kreativitas. Peserta ditantang untuk menciptakan tumpeng dengan bahan dan dekorasi yang unik. Lomba ini sangat cocok untuk ibu-ibu dan mencerminkan semangat kemerdekaan serta keberagaman budaya Indonesia. Penilaian lomba meliputi keunikan presentasi, rasa, pilihan bahan, dan cara penyajian tumpeng.

3. Lomba Estafet Tepung

Baca Juga: 17 Agustus 2024 Hari Apa? Cek Info Lengkap Tanggal Merah Hingga Akhir Tahun Di Sini

Lomba estafet tepung dilakukan berkelompok, dengan minimal satu tim berisi lima orang. Peserta berbaris ke belakang dan masing-masing memegang piring kecil atau mangkok. Setiap tim beradu cepat memindahkan tepung dari depan hingga ember di barisan belakang. Tim yang paling banyak mengumpulkan tepung dalam tiga menit adalah pemenangnya.

4. Lomba Sepeda Lambat

Biasanya, lomba sepeda dilakukan untuk adu cepat, namun lomba sepeda lambat justru menantang peserta untuk mencapai garis finish sepelan mungkin. Peserta yang paling lambat mencapai garis finish adalah pemenangnya, namun mereka harus berhati-hati agar tidak jatuh atau menyentuh jalan dengan kaki, karena itu akan membuat mereka gugur.

5. Lomba Hula Hoop

Lomba hula hoop ini cocok untuk dewasa dan dimainkan secara tim, dengan tiap tim berisi 4-6 orang. Untuk bermain, dibutuhkan dua hula hoop, baik dari plastik atau kayu. Setiap tim berbaris menyamping dan saling bergandengan tangan, kemudian beradu cepat memindahkan hula hoop tanpa melepas gandengan tangan.

Tim yang paling cepat melakukan satu putaran perpindahan menjadi pemenangnya. Selain bersaf, barisan juga bisa dibuat bentuk O. Jika ingin menghemat biaya, hula hoop bisa diganti dengan sarung yang ukurannya disesuaikan.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #buat #anak #anak #lomba #agustus #khusus #dewasa #yang #seru #menantang

KOMENTAR