10 Tips Menjaga Kabel Listrik di Rumah agar Tidak Cepat Rusak
Kabel listrik. [Ist]
17:39
31 Juli 2024

10 Tips Menjaga Kabel Listrik di Rumah agar Tidak Cepat Rusak

Kabel listrik di rumah menjadi komponen penting dalam instalasi kelistrikan yang harus dipilih dengan tepat untuk memastikan keamanan dan kinerja sistem listrik.

Kabel listrik menghantarkan arus listrik yang digunakan untuk menyalakan berbagai benda-benda elektrik di rumah. Oleh sebab itu, pemilihan jenis kabel yang tepat sangat penting untuk memastikan keamanan dan kinerja sistem listrik di rumah.

Menjaga kabel listrik di rumah agar tidak cepat rusak sangat penting untuk mencegah kebakaran, korsleting, dan kerusakan pada peralatan elektronik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Kabel Berkualitas Tinggi

Gunakan kabel listrik yang berkualitas tinggi dengan isolasi yang baik. Kabel berkualitas tinggi lebih tahan lama dan dapat mengurangi risiko kerusakan.

2. Jauhkan dari Permukaan yang Dilalui Orang

Jauhkan kabel listrik dari permukaan lantai yang dilalui orang atau penghuni rumah dan furnitur untuk mencegah kabel bergantung, panas berlebih, dan membuat seseorang tersandung.

3. Jangan Meletakkan di Bawah Karpet

Jangan pernah meletakkan kabel di bawah karpet karena ini mencegah kabel melepaskan panasnya dan dapat menyebabkan kebakaran.

4. Jangan Digantung

Jangan biarkan kabel listrik menggantung di mana pun karena cukup berbahaya apabila kabel tertarik ke bawah dan mengakibatkan kerusakan.

5. Periksa Kabel Listrik Secara Teratur

Pastikan tidak ada kerutan atau tekanan pada kabel dan jangan memaksanya masuk ke ruang kecil atau di belakang furnitur. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan rusaknya isolasi kabel.

6. Hindari Menggunakan Staples atau Paku

Jangan pernah menggunakan staples atau paku untuk memasang kabel atau bundler kabel ke permukaan seperti alas tiang atau dinding. Mereka dapat melubangi insulasi dan menimbulkan sengatan listrik atau bahaya kebakaran.

7. Simpan Kabel dengan Rapi

Simpan kabel charger dengan rapi dan jangan menggulungnya secara sembarangan. Gulung kabel charger secara longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan saja dan selipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

8. Jaga Suhu Agar Tetap Stabil

Usahakan pipa kabel tidak terkena paparan langsung sinar matahari atau sumber panas lainnya. Gunakan penutup isolasi untuk melindungi pipa kabel dari suhu ekstrem dan pastikan ventilasi yang cukup di sekitar pipa kabel.

9. Hindari Beban Berlebih

Periksa kapasitas maksimum penggunaan kabel ekstensi dan pastikan jumlahnya tidak melebihi kapasitas itu. Kabel listrik yang terlalu banyak digunakan dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan kebakaran.

10. Gunakan Pengaman Kabel

Gunakan pengaman kabel untuk menjaga kabel tetap rapi dan aman. Organizer kabel dapat membantu menjaga kabel teratur dan aman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kabel listrik di rumah agar tetap dalam kondisi yang aman dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Editor: Suhardiman

Tag:  #tips #menjaga #kabel #listrik #rumah #agar #tidak #cepat #rusak

KOMENTAR