Gampang Tapi Bikin Gereget, Ini Cara Main Lomba Cantol Ceting yang Viral sampai Go Internasional!
Gampang Tapi Bikin Gereget, Ini Cara Main Lomba Cantol Ceting yang Viral sampai Go Internasional! (YouTube/Sekitar Kita Saja)
17:54
29 Juli 2024

Gampang Tapi Bikin Gereget, Ini Cara Main Lomba Cantol Ceting yang Viral sampai Go Internasional!

Lomba cantol ceting kugeru jadi salah satu lomba yang begitu populer menjelang 17 Agustus untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79. Untuk diketahui, cantol ceting tak hanya populer di Indonesia, lomba ini bahkan sudah Go Internasional. Simak informasi selengkapnya tentang lomba cantol ceting kugeru dalam ulasan berikut.

Lomba cantol ceting untuk menyambut 17 Agustus sempat viral di TikTok pada perayaan HUT RI ke-78 tahun lalu. Dalam beberapa video yang beredar di TikTok, lomba cantol ceting kugeru digunakan jadi permainan di episode baru dari Running Man episode 672.

Seperti yang diketahui, dalam acara Running Man episode 672 proses syutingnya berada di kota Daekhro, Korea Selatan. Dalam video tersebut, para anggota Running Man terlihat asik memainkan permainan cantol ceting atau cantol kawat yang ramai dimainkan ketika lomba perayaan 17 Agustus.

Bahkan saking kreatifnya, salah satu akun fanbase Running Man Indonesia juga mengedit potongan video ketika para anggota memainkan permainan itu menggunakan sound viral "cukurukuk kuk geru empuk jeru" di TikTok. Alhasil video yang telah diedit dengan sound cukurukuk iti pun sukses menghibur netizen. Hingga lomba tersebut kini terkenal dengan nama cantol ceting kugeru.

Baca Juga: Adu Kreativitas di Hari Kemerdekaan: Ini 5 Ide Lomba 17 Agustus Seru untuk Ibu-Ibu

Arti Lomba Cantol Ceting Kugeru

Cantol ceting adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa yang terdiri dari dua kata yang berbeda. Kata pertama yaitu canthol yang memiliki arti sangkut, kait. Sedangkan cething memiliki arti tempat nasi. Sementara Kugeru sendiri merupakan sound yang digunakn dalam beberapa unggahan video hingga membuatnya go internasional.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa permainann cantol ceting kugeru adalah lomba mengaitkan tempat nasi ke sebuah pengait. Pemenang lomba cantol ceting merupakan orang yang paling cepat dalam mengaitkan tempat nasi yang ditaruh diatas kepala dengan pengait. Terlihat mudah, lomba di hari Kemerdekaan ini ternyata tak semudah kelihatannya loh. 

Cara Memainkan Lomba Cantol Ceting

Cara mamainkan lomba cantol cetinh sendiri sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan ceting, pengait dari kawat dan tali

2. Pemain yang ditunjuk bersiap memakai ceting yang telah dikasih pengait dan tali

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Tingkat RT

4. Ceting diletakkan di atas kepala peserta

5. Peserta kemudian dapat mencantolkannya ke kawat yang digantung menggunakan tali

6. Peserta yang berhasil mencantolkan kawat terlebih dahulu, maka ia adalah pemenangnya.

Meski terlihat sangat mudah, namun permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tak sesederhana kelihatannya, peserta harus benar-benar memastikan bahwa pengait harus pas dengan tali yang dipasang. Salah satu kunci untuk berhasil memenangkan lomba ini adalah konsentrasi dan keyakinan yang kuat.

Cantol ceting bisa menjadi salah satu ide lomba 17 Agustus yang seru dan menghibur. Dalam satu kali permainan bisa diikuti 5-7 pemain. Sehingga peserta dapat berebut untuk cepat-cepat menyelesaikan permainan ini. 

Demikian tadi ulasan tentang cantol ceting kugeru. Bagaimana apakah tertarik memasukkannya dalam daftar lomba 17 Agustus 2024 mendatang? Jika iya, mulai persiapkan dari sekarang ya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #gampang #tapi #bikin #gereget #cara #main #lomba #cantol #ceting #yang #viral #sampai #internasional

KOMENTAR