Anggun dan Modern, Ini 6 Inspirasi Kebaya Nasional untuk Upacara
Iriana Jokowi dan Erina Gudono - Inspirasi Kebaya Nasional untuk Upacara (Instagram/erinagudono)
09:06
24 Juli 2024

Anggun dan Modern, Ini 6 Inspirasi Kebaya Nasional untuk Upacara

Kebaya menjadi salah satu busana adat yang kerap dikenakan perempuan Indonesia ketika momen formal seperti upacara nasional. Tak hanya sekedar pakaian biasa, kebaya ternyata memiliki beragam jenis yang berbeda. Nah, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi kebaya nasional untuk upacara mari simak artikel berikut.

Dilihat dari makna filosofis, kebaya memiliki makna budaya dan nilai-nilai luhur yang diwariskan turun-temurun. Di era modern seperti saat ini, kebaya terus berkembang, hingga menciptakam perpaduan indah antara tradisi dan modernitas. Oleh sebab itu, perempuan Indonesia saat ini bisa mengenakan kebaya dengan model dan gaya yang beragam pula.

Inspirasi Kebaya Nasional untuk Upacara

Nah, berikut ini kami telah menyiapkan beberapa inspirasi kebaya nasional untuk upacara:

Baca Juga: Contoh Naskah Amanat Pembina Upacara 17 Agustus di Sekolah

1. Kebaya Kutubaru

Jenis kebaya yang sangat terkenal di Indonesia yaitu kebaya kutubaru. Modelnya yang simpel dianggap sebagai model klasik yang ikonik. Hal ini ditandai dengan siluetnya yang mempunyai gier. Yakni, lapisan bagian tengah yang berada di depan kebaya.

Bentuk potongan pakaian ini mempunyai lengan yang lebih ketat dan garis standar yang khas. Untuk menggunakan kebaya kutubaru ini, biasanya perlu menggunakan korset atau longtorso.

2. Kebaya Peplum

Kebaya Peplum adalah kebaya yang tengah popoler saat ini. Adapun kebaya ini memiliki model mengembang dibagian pinggang yang memberi kesan elegan dan feminim bagi siapa saja yang mengenakannya. Kebaya Peplum dapat dipadukan dengan kain tile atau organza, sehingga cocok diacara formal seperti upacara nasional.

Baca Juga: Kebaya Nasional vs Kebaya Modern: Perpaduan Warisan Budaya dan Sentuhan Masa Kini

3. Kebaya Kartini

Inspirasi kebaya nasional berikutnya adalah kebaya Kartini. Penamaan kebaya tersebut terinspirasi oleh gaya kebaya yang dipakai oleh RA Kartini dalam beberapa foto lawasnya.

Adapun ciri khas dari kebaya Kartini yaitu adanya lipatan pada bagian dada. Tak hanya itu, panjang kebaya Kartini bisa mencapai panggul. Meskipun demikian, desain kebaya ini hampir mirip dengan kebaya encim.

Perbedaannya, terletak pada lipatan kerah berbentuk garis vertikal yang memberi kesan tubuh lebih tinggi dan ramping. Kebaya Kartini juga kerap dipadukan dengan stola.

4. Kebaya Jawa

Selanjutnya, inspirasi kebaya nasional yang juga populer di masyarakat yakni kebaya Jawa. Karakteristik dari baju adat ini ada pada bahan bajunya yang didesain transparan. Bahan transparan tersebut terbuat dari brokat dengan hiasan payet yang cantik. Selain itu, ciri khasnya ada pada desain kerah kebaya yang berbentuk V-neck.

5. Kebaya Brokat

Inpirasi kebaya nasional untuk upacara yang cukup populer di Indonesia lainnya adalah kebaya brokat. Menurut Desainer Era Soekamto, kebaya jenis ini adalah bentuk dari modernisasi yang ekstrem karena telah meninggalkan esensi tradisi.

6. Kebaya Madura

Selain Jawa, Madura juga memiliki kebaya yang khas dengan nama kebaya Madura. Bagi masyarakat Madura, jenis kebaya ini kerap disebut dengan rancongan. Ciri yang khas dari kebaya Madura yaitu bagian bawah dibuat seperti menyerong dengan panjang sepinggang.

Itulah tadi inspirasi kebaya nasional untuk upacara. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #anggun #modern #inspirasi #kebaya #nasional #untuk #upacara

KOMENTAR