Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 Lengkap: Penuh Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik
Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 Lengkap: Penuh Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik (freepik)
15:45
23 Juli 2024

Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2024 Lengkap: Penuh Harapan untuk Indonesia yang Lebih Baik

Tak lama lagi, seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Kabarnya, upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang akan dilaksanakan dua titik, yaitu di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta di Istana Kepresidenan Jakarta.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo akan memimpin upacara HUT RI di IKN, sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memimpin upacara di Jakarta. Kemudian, pembagian tugas juga berlaku untuk presiden dan wakil presiden terpilih, yaitu Prabowo akan mendampingi Jokowi di IKN dan Gibran mendampingi Ma'ruf Amin di Jakarta.

Selain di dua titik itu, tentunya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 juga akan dilaksanakan di berbagai tempat. Mulai dari sekolah, kantor, dan berbagai instansi di seluruh penjuru Indonesia.

Nah, melaksanakan upacara bendera pasti tidak lepas dengan pembacaan doa. Di bawah ini sudah disiapkan contoh bacaan doa Upacara 17 Agustus 2024 yang bisa Anda jadikan referensi. 

Baca Juga: Doa Mengusap Kepala Anak yang Mustajab Sesuai Sunnah

Contoh Bacaan Doa Upacara 17 Agustus 2024

Isi doa saat upacara 17 Agustus biasanya akan diawali dengan ungkapan rasa syukur karena saat ini Indonesia telah merdeka setelah dulu pernah dijajah. Kemudian, di akhir doa biasanya akan ditutup dengan permohonan supaya doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan.

Berikut ini adalah contoh bacaan doa Upacara 17 Agustus 2024:

Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil aalamin. Hamdan syakirin, hamdan yuwafi ni’amahu wayukafi mazidah, yaa rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karim wa’azimi sulthonika. Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aalihi wasohbihi ajma’in.

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Esa. 

Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat-Mu. Engkaulah Sang Pencipta alam semesta, Engkau-lah Dzat yang mengatur alam beserta isinya, dan Engkau-lah yang menentukan segalanya. Maka dari itu, hanya kepada-Mu lah kami semua berserah diri dan juga memohon pertolongan. 

Baca Juga: Link Download Logo HUT RI ke-79: Usung Tema Nusantara Baru, Indonesia Maju

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Rahim. 

Atas segala rahmat dan karunia-Mu, di hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Kami memohon kepada-Mu, tambahkanlah curahan kasih sayang-Mu sebagai berkah bagi kami dalam mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur di bawah Ridho-Mu. 

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Pemersatu. 

Jadikanlah upacara 17 Agustus 2024 ini sebagai momentum untuk merekatkan rasa persatuan serta kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari segala buruk sangka, percekcokan, perselisihan, serta perpecahan.

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Bijaksana. 

Masih panjang perjuangan bangsa kami, serta masih jauh pula perjalanan sejarah bangsa kami. Oleh sebab itu, kami memohon hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah serta marabahaya. Mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa ini, supaya bisa menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, adil, makmur, serta sejahtera.

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Pengampun. 

Ampunilah segala dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan juga para pejuang kami. Terimalah amal serta perjuangan mereka, karena Engkau adalah Dzat Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Kami memohon kepada-Mu, kabulkanlah permohonan dan doa kami, supaya kami semua masuk ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang beruntung.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzabannar. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #contoh #teks #upacara #agustus #2024 #lengkap #penuh #harapan #untuk #indonesia #yang #lebih #baik

KOMENTAR