4 Bansos Juli 2024 Cair! Cek Jadwal, Nominal, dan Cara Pencairannya di Sini
Bansos Juli 2024 Cair! Cek Jadwal, Nominal, dan Cara Pencairannya di Sini (freepik/benzoix)
10:38
23 Juli 2024

4 Bansos Juli 2024 Cair! Cek Jadwal, Nominal, dan Cara Pencairannya di Sini

Pemerintah mulai mencairkan empat jenis bantuan sosial (bansos) yang sangat dinantikan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan ini dapat digunakan untuk membeli sembako serta seragam sekolah, menjadi kabar gembira bagi banyak keluarga di Indonesia.

Pencairan bansos Juli 2024 dilaukan secara bertahap, bisa jadi pencairan antar wilayah akan berbeda waktu mengingat wilayah Indonesia begitu luas. Jadi, pastikan kamu terus memeriksa status penerima bansos dan juga menanyakan status pencairan kepada petugas PKH. Lantas, apa saja bansos yang cair bulan Juli 2024?

1. BLT Dana Desa atau Miskin Ekstrem

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa atau Miskin Ekstrem adalah salah satu bantuan yang disalurkan pada triwulan ketiga tahun ini. Bantuan ini biasanya diberikan melalui titik komunitas atau kantor pos. Pada bulan Juli, setiap KPM akan menerima Rp300 ribu. Selanjutnya, pada awal Agustus dan September, masing-masing KPM akan menerima Rp600 ribu. Jadi, total bantuan yang diterima untuk periode Juli sampai September adalah Rp900 ribu.

KPM yang berhak menerima BLT Dana Desa adalah mereka yang memiliki penghasilan bulanan kurang dari Rp300 ribu dan memiliki penyakit menahun. Surat undangan akan dikirimkan kepada KPM yang lolos seleksi.

Baca Juga: Bantuan Pangan Non Tunai Cair di Mana? BPNT Rp 400 Ribu Disalurkan Juli 2024, Ini Cara Ceknya

2. Bansos Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar (PIP) memberikan bantuan kepada anak sekolah untuk mendukung pendidikan mereka. Bantuan ini masih terus dicairkan pada bulan Juli 2024. Anak-anak sekolah yang telah melakukan aktivasi rekening dan mendapatkan notifikasi bisa segera mencairkan dana. Anak-anak SD dan SMP dapat mencairkan dana di bank BRI, sedangkan anak SMA/SMK dapat mencairkannya di bank BNI. Dana ini bisa digunakan untuk membeli seragam, buku, tas, atau kebutuhan sekolah lainnya.

3. Bansos Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK)

Bantuan KIS PBI JK ini berasal dari anggaran APBN dan APBD, yang bertujuan untuk layanan kesehatan. Jika bantuan ini berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos), maka dananya berasal dari APBD. Penerima bansos KIS PBI JK dapat menggunakan bantuan ini untuk rawat inap atau berobat jalan di rumah sakit, khususnya untuk kelas tiga.

4. Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) Juli-Agustus

Bantuan PKH dan BPNT ini sedang dalam proses pencairan, dengan pengecekan rekening sedang berlangsung. Nama-nama KPM yang berhak menerima sudah masuk dalam tahap final closing. Setelah itu, hanya tinggal menunggu proses SPM, SP2D, dan Standing Instruction (SI).

Untuk penerima yang menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari bank Himbara, ada tahap top-up oleh bank penyalur ke rekening setiap KPM. Sementara itu, penerima yang menerima bantuan melalui PT Pos Indonesia harus menunggu surat undangan pencairan.

Cara Cek Penerima Bansos

Sebelum mencairkan bansos Juli 2024, pastikan kamu memeriksa dulu status penerima bansos. Pastikan kamu menjadi salah satu warga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bansos dari pemerintah. Ada dua cara mudah untuk cek penerima bansos, berikut panduan lengkapnya.

Baca Juga: Heru Budi Disindir, PSI Pasang Badan: Anies Cuma Ngomong yang Enak di Telinga Tapi Menjerumuskan Jakarta

Melalui Situs Resmi Kemensos

1. Buka browser di HP kamu dan kunjungi laman [https://cekbansos.kemensos.go.id](https://cekbansos.kemensos.go.id).
2. Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai dengan lokasi kamu.
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan nama yang tercantum di KTP.
4. Ketikkan kode verifikasi yang muncul di layar. Jika kode tidak jelas, klik tombol refresh untuk mendapatkan kode baru.
5. Setelah data terisi lengkap, klik tombol ‘Cari Data’.
6. Sistem akan menampilkan daftar nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang kamu pilih.

Melalui Aplikasi Cek Bansos

1. Unduh aplikasi “Cek Bansos” dari Google Play Store.
2. Pilih “Buat Akun Baru” dan isi data yang diperlukan seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat sesuai KTP, serta unggah foto KTP dan swafoto.
3. Data kamu akan diverifikasi oleh Kemensos. Setelah proses verifikasi selesai, akun kamu akan diaktivasi.
4. Masukkan username dan kata sandi untuk “login” ke aplikasi.
5. Pilih menu “Cek Bansos” dan lengkapi data sesuai dengan KTP kamu. Klik “Cari Data” untuk melihat apakah kamu terdaftar sebagai penerima BPNT.

Dengan mengikuti salah satu metode di atas, kamu dapat mengecek status penerimaan bansos dan memastikan bahwa bantuan yang berhak kamu terima dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bansos #juli #2024 #cair #jadwal #nominal #cara #pencairannya #sini

KOMENTAR