Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru
Ilustrasi Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru (Freepik/wirestock)
16:14
22 Juli 2024

Amalan dan Doa Ketika Menempati Rumah Baru

Memasuki rumah baru merupakan momen yang membahagiakan dan penuh harapan. Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan dan membaca doa saat menempati rumah baru agar mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan. Apa saja amalan dan doa ketika menempati rumah baru?

Ketika akan menempati rumah baru, bukan hanya perabot dan isi rumah yang perlu dipikirkan, tetapi juga amalan dan doa agar rumah yang ditempati dapat menjadi pelindung yang membawa berkah kepada penghuninya. Simak daftar amalan dan doa yang disarankan untuk dilakukan saat menempati rumah baru, melansir dari laman NU:

1. Membaca Surat Al-Fatihah 3 kali

2. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut:

Baca Juga: Doa Masuk dan Keluar WC dalam Bahasa Latin, Baca Ini Agar Dilindungi dari Setan

Fa izastawaita anta wa mam ma’aka ‘alal-fulki fa qulil-amdu lillahillazi najjana minal-qaumiz-zalimin. Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin.

Artinya:
“Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah ‘segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kamu dari orang-orang yang zalim. Dan berdoalah, ‘Ya Tuhanku tempatkan aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat’.”

3. Membaca doa sebagai berikut sebanyak 3 kali:

Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil ût, wa sayyaral fulka li man syâ-a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril biâri, wa dzarrâtir rimâl. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muammadin wa âlihi wa shabih wa sallim

Artinya:
"Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya."

Baca Juga: Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati seseorang, Ini Bacaannya

Doa dan amalan menempati rumah baru di atas tidak hanya ketika membeli hunian baru, tetapi juga bisa dilakukan saat baru menyewa rumah untuk tempat tinggal.

Selain doa dan amalan di atas, Nabi Muhammad SAW menganjurkan juga untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an, terutama surat Al-Baqarah. Namun, anjuran ini bersifat umum, dan tidak hanya untuk rumah baru.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

itu dia amalan dan doa yang dianjurkan saat menempati rumah baru.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #amalan #ketika #menempati #rumah #baru

KOMENTAR