Teks Bacaan Sholawat Ummi, Bacalah Rutin 80x dan Rasakan Manfaatnya
sholawat ummi 80x: teks, keutamaan, cara mengamalkan (freepik)
09:02
21 Juli 2024

Teks Bacaan Sholawat Ummi, Bacalah Rutin 80x dan Rasakan Manfaatnya

Dengan membaca sholawat ummi 80x (kali), Umat Muslim dijanjikan dengan ganjaran penghapusan dosa selama 80 tahun. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW da diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA berikut.

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku di hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun. Ada yang bertanya pada belia: Wahai Rasulullah, bagaimana cara bershalawat atasmu? Beliau jawab: Ucapkanlah ‘Allahumma sholli ‘ala Muhammadin ‘Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali.”

Supaya Anda tidak melewatkan keistimewaan sholawat ummi, simak informasi berikut.

Teks bacaan sholawat ummi lengkap versi panjang

اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، إنك حميد مجيد

Baca Juga: Bacaan Doa Mendengar Adzan, Lengkap dengan Keutamaan dan Adab Membacanya

Arab latin: Allahumma shalli 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad, kamaa shallaita 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiim, wabaarik 'alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad, kamaa baarakta 'alaa ibraahiima wa'alaa aali ibraahiima, innaka hamidum majiid.

Artinya: "Ya Allah, sampaikanlah shalawat pada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Kau sudah memberi rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan pada Muhammad, Nabi yang ummi dan juga keluarga Muhammad, sebagaimana Kau telah memberi keberkahan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Kau Maha Terpuji dan Mahamulia." (HR Ahmad, Ibnu Hibban, Daruquthni, dan Baihaqi)

Teks bacaan sholawat ummi lengkap versi pendek

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلىَ آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْماً

Arab latin: Allahumma sholli 'ala muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim tasliiman

Artinya: "Ya Allah, limpahkan rahmat atas Nabi Muhammad yang ummi serta keluarganya, dan berilah mereka keselamatan."

Baca Juga: Rabbana Atina Fiddunya Hasanah, Arti Doa Sapu Jagad Lengkap Beserta Keutamaannya

Kapan waktu yang tepat untuk membaca shalawat Ummi?

Seperti yang disebutkan di atas, waktu terbaik membaca shalawat ummiy adalah hari Jumat atau malam sebelumnya. Namun, pada dasarnya, Anda bisa membaca bacaan ini setiap saat.

Sebab, selain keutamaannya menghapus dosa hingga 80 tahun, sholawat adalah amalan ringan yang menunjukkan kecintaan umat Mulim pada Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, Anda bisa mendampingkannya dengan doa lainnya.

Demikian informasi bacaan sholawat ummiy, keutamaan, serta waktu yang tepat untuk mengamalkannya. Sudahkah Anda melakukannya?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #teks #bacaan #sholawat #ummi #bacalah #rutin #rasakan #manfaatnya

KOMENTAR