Beda Pendidikan Jusuf Hamka Vs Kaesang Pangarep, Siap Duet di Pilkada Jakarta?
Kolase Kaesang dan Jusuf Hamka [instagram/@kaesangp ; @jusufhamka]
13:35
15 Juli 2024

Beda Pendidikan Jusuf Hamka Vs Kaesang Pangarep, Siap Duet di Pilkada Jakarta?

Politisi sekaligus pengusaha Jusuf Hamka digadang-gadang akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta pada November mendatang. Kabar ini mencuat usai Partai Golkar melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Paulus yang mengungkap soal rencana Golkar untuk mengusung Jusuf Hamka.

"Mas Kaesang kan anak muda, kita ada Babah Alun (Jusuf Hamka) yang sudah jadi pakar di infrastruktur. Permasalahan paling besar di Jakarta kan banjir, beliau sudah ada konsep (penyelesaian banjir) tersebut," ungkap Lodewijk saat ditemui di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat pada Kamis (11/07/2024) lalu. 

Rencana pengusungan Jusuf Hamka sebagai cawagub sekaligus duet dengan Kaesang ini pun diakui Jusuf membuatnya kaget.

"Saya kaget karena tiba-tiba dipanggil, terus dibilang 'kamu ditunjuk kalau Pak Kaesang mau maju ini. Saya wakilnya," ungkap Jusuf dalam pernyataannya pada Sabtu (13/07/2024) lalu.

Baca Juga: Dijagokan Golkar di Pilkada Jakarta, Pengamat Sebut Kaesang-Jusuf Hamka Pasangan Serasi, Kenapa?

Rencana Golkar untuk membuat kolaborasi antara Kaesang dengan Jusuf Hamka ini pun menjadi pro dan kontra. Terlebih lagi, publik pun menganggap rencana duet ini kurang tepat karena later belakang keduanya. Tak hanya itu, banyak warganet yang menyandingkan latar belakang pendidikan keduanya.

Lalu, seperti apa latar pendidikan yang pernah dijalani oleh Jusuf Hamka dan Kaesang? Simak inilah selengkapnya.

Pendidikan Jusuf Hamka

Pengusaha yang juga politisi Partai Golkar Jusuf Hamka. (Suara.com/Bagaskara)Pengusaha yang juga politisi Partai Golkar Jusuf Hamka. (Suara.com/Bagaskara)

Jusuf Hamka sendiri pernah masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Kendati demikian, ternyata Jusuf Hamka sudah 4 kali berkuliah, tetapi tidak sampai menyelesaikan pendidikannya hingga mendapat gelar sarjana.

Terlahir dari keluarga Tionghoa membuat pria yang akrab disapa Babah Alun ini akrab dengan dunia bisnis. Ia pernah menempuh bangku kuliah di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 pada tahun 1974.

Baca Juga: Terkuak Dugaan Rajin Blusukan, Gibran Mau Rusak Suara Anies di Jakarta Demi Kaesang?

Saat masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Hukum, Jusuf Hamka mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada tahun yang sama. Namun, Jusuf kembali tidak menyelesaikan pendidikannya di dua jurusan tersebut karena sibuk merintis bisnisnya.

Niat Jusuf untuk mendalami bisnis membuatnya kembali menempuh pendidikan di jurusan Bisnis Administrasi di Columbia College, Vancouver, Kanada pada tahun 1977. Lagi-lagi, Jusuf memilih kembali ke Indonesia dan meninggalkan bangku kuliahnya.

Sekembalinya ke Indonesia, Jusuf Hamka mencoba kembali berkuliah di jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Jayabaya Jakarta pada tahun 1980. Sayangnya, ia kembali disibukkan dengan dunia bisnis dan tidak menyelesaikan pendidikannya hingga sarjana.

Dengan begitu, Jusuf Hamka menjadi satu-satunya orang terkaya di Indonesia yang hanya memiliki gelar lulusan SMA.

Pendidikan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep. [Instagram/@kaesangp]Kaesang Pangarep. [Instagram/@kaesangp]

Berbeda dengan Jusuf Hamka yang hanya lulusan SMA, Kaesang sendiri cukup serius mendalami dunia bisnis. Sejak kecil, putra bungsu Presiden Jokowi ini sudah dikenalkan dengan bisnis meubel milik sang ayah. Hal ini membuat Kaesang termotivasi untuk mengejar gelar sarjana bisnis.

Kaesang sendiri memilih untuk melanjutkan pendidikan SMA di Singapura di Anglo-Chinese School International (ACS) dengan mengambil program studi International Baccalaureate. Ia juga melanjutkan kuliah di University of Social Sciences Singapura dengan mengambil jurusan komunikasi dan berhasil lulus dengan gelar B.Sc di bidang pemasaran.

Bahkan, Kaesang pernah meraih penghargaan di bidang wirausaha dari almamaternya tersebut. Pasca lulus dari Singapura, Kaesang membangun berbagai unit usahanya di Indonesia.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #beda #pendidikan #jusuf #hamka #kaesang #pangarep #siap #duet #pilkada #jakarta

KOMENTAR