dr Helmiyadi Kuswardhana Dokter Apa? Kepergiannya Sisakan Duka Mendalam
dr Helmiyadi Kuswardhana Dokter Apa? Kepergiannya Sisakan Duka Mendalam (ist)
09:13
15 Juli 2024

dr Helmiyadi Kuswardhana Dokter Apa? Kepergiannya Sisakan Duka Mendalam

Berita duka datang dari ranah kedokteran, dimana seorang dokter yang juga dikenal luas di media sosial harus tutup usia di masa emasnya. Adalah dr. Helmiyadi Kuswardhana, yang dikabarkan telah meninggal dunia karena henti jantung mendadak. Sekilas mengenai profil dan dr. Helmiyadi Kuswardhana dokter apa bisa Anda cermati di sini.

Profil dr. Helmiyadi Kuswardhana

Mulai mendapatkan pengenalan publik sejak beberapa tahun terakhir karena kontennya di media sosial TikTok, dokter yang satu ini memiliki setidaknya lebih dari 490 ribu pengikut pada akun Instagram-nya, pada @dr.helmiyadi_hk.

Lahir di Ujung Pandang, 15 Mei 1983, dirinya tercatat sebagai alumni Fakultas Kedokteran Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar. Ia menamatkan studi sarjananya dalam waktu yang relatif singkat, dan kemudian mengambil pendidikan spesialis ortopedi dan traumatologi di universitas yang sama.

Menjadi dokter spesialis tulang, dirinya kemudian bertugas di Rumah Sakit Umum daerah Sulawesi Barat. Selain bekerja di rumah sakit tersebut dirinya juga diketahui memiliki klinik pribadi dengan nama HK Medical Center, yang berlokasi di Makassar.

Baca Juga: Mengenal Sudden Cardiac Arrest, Ini Gejala, Bahaya dan Cara Mengatasi Penyebab Kematian Dokter Helmiyadi Kuswardhana

Untuk organisasi profesi, dr. Helmiyadi tercatat sebagai anggota dari Ikatan Dokter indonesia, dan Perhimpunan Spesialis Ortopedi & Traumatologi. Dikenal sebagai sosok yang ceria dan lucu, konten yang diunggah tak jarang sama sekali tidak berhubungan dengan dunia kedokteran dan berhasil menghibur banyak pengikutnya.

Kronologi Kejadian Henti Jantung

Ungkapan belasungkawa disampaikan oleh Keluarga Besar RSUD Kabupaten Majene atas meninggalnya dr. Helmiyadi Kuswardhana, M.Kes, Sp. OT. FICS., AIFO-K., melalui unggahan akun Instagram resminya.

Dikabarkan sang dokter meninggal dunia pada Rabu malam, setelah melakukan tindakan operasi untuk 10 orang pasien di RSUD Sulawesi Barat dan RSUD Mitra Mamuju. Setelah melaksanakan operasi, dirinya mengeluhkan sesak napas dan nyeri.

Dirinya kemudian dirujuk ke Makassar menggunakan ambulans yang tersedia, namun pada perjalanan kondisi yang dialami dr. Helmiyadi memburuk dan ambulans singgah di Puskesmas Sendana. Namun nahas, sang dokter menghembuskan napas terakhir dan mengakhiri pengabdiannya pada masyarakat yang ada di area Sulawesi Barat.

Menjadi satu-satunya dokter spesialis tulang yang ada di Sulawesi Barat. Direktur RSUD Sulbar, dr. Erna, menyatakan rasa sedih yang demikian dalam, baik dalam konteks pribadi dan sebagai rekan sejawat.

Baca Juga: Innalillahi! Dokter Ortopedi Wafat saat Bertugas, Mendiang Dr Helmiyadi Raih Penghargaan Ini dari PB IDI

Ia diketahui meninggalkan seorang istri yang berprofesi sebagai dokter gigi, dan tiga orang anak. Semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Yang Maha Kuasa, dan keluarga dapat dikuatkan. Itu tadi sekilas tentang profil dan dr. Helmiyadi Kuswardhana dokter apa yang bisa disampaikan, semoga berguna.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #helmiyadi #kuswardhana #dokter #kepergiannya #sisakan #duka #mendalam

KOMENTAR