Rano Karno Kuliah Dimana? Ini Riwayat Pendidikan 'Si Doel'
Rano Karno kuliah dimana. [Dok. Instagram Rano Karno]
08:15
14 Juli 2024

Rano Karno Kuliah Dimana? Ini Riwayat Pendidikan 'Si Doel'

Aktor yang juga politisi Rano Karno masuk dalam bursa kandidat calon Gubernur Banten pada Pilkada 2024. Pemeran Si Doel dalam Sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini mendaftar sebagai bakal cagub Banten di PDIP.

Namun sayangnya, peluang Rano Karno diusung sebagai cagub Banten oleh PDIP tipis. Sebab PDIP memberi sinyal bakal mengusung Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi, sebagai calon wakil Gubernur Banten, untuk mendampingi Airin Rachmi Diany.

Rano Karno sebenarnya memiliki pengalaman menjabat di sejumlah jabatan kepala daerah. Pada tahun 2008, ia pernah menjadi Wakil Bupati Tangerang.

Tahun 2012, Rano Karno terpilih sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi Gubernur Banten, Ratu Atut, Chosiyah. Di tengah jalan Ratu Atut tersandung kasus suap Ketua MK, Akil Mochtar. 

Baca Juga: Beda Pendidikan Kellen Lemos Vs Arsya Hermansyah, Adabnya di Tedak Siten Azura Disorot

Ini membuat Rano Karno diangkat sebagai Plt Gubernur Banten pada tahun 2014. Ia akhirnya dilantik sebagai Gubernur definitif pada tahun 2015. 

Pada tahun 2017, Rano Karno kembali maju sebagai calon Gubernur Banten. Namun pada Pilkada saat itu ia kalah. Rano pun memutuskan kembali ke dunia hiburan tanah air.

Riwayat Pendidikan

Rano Karno pernah mengenyam pendidikan di SD Van Lith, SMP Van Lith. Saat SMA, ia bersekolah di SMA Negeri 6 Jakarta. Ia lulus SMA pada tahun 1979.

Setamat SMA, Rano mengambil kursus di Acting Course Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Setelahnya ia tak pernah lagi melanjutkan studinya untuk sarjana.

Baca Juga: Siapa Layak Pimpin Banten? Mengenal Lebih Dekat 5 Sosok Kandidat Pilgub 2024

Rano menjelaskan saat muda dulu dirinya tidak sempat melanjutkan kuliah karena kesibukannya di dunia seni peran. Setelah itu dirinya sibuk di dunia politik.

"Dulu kan gue kuliahnya di film," terang Rano dikutip dari Detik.com.

Baru pada tahun 2011, Rano melanjutkan studi S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP AN) mengambil jurusan Ilmu Politik. Saat itu Rano masih menjadi Wakil Bupati Tangerang. 

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #rano #karno #kuliah #dimana #riwayat #pendidikan #doel

KOMENTAR