Profil Jusuf Hamka yang Digadang Jadi Pasangan Kaesang di Pilgub Jakarta
Pengusaha yang juga politisi Partai Golkar Jusuf Hamka. (Suara.com/Bagaskara)
20:37
13 Juli 2024

Profil Jusuf Hamka yang Digadang Jadi Pasangan Kaesang di Pilgub Jakarta

Jusuf Hamka disorot usai Partai Golkar menyiapkan namanya untuk dipasangkan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta 2024. Dukungan ini bakal diresmikan jika keduanya ada niatan maju dalam kontestasi politik tersebut.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan ada alasan mengapa kadernya, Jusuf Hamka ditunjuk menjadi pendamping Kaesang. Di sisi lain, profilnya turut menerima sorotan dan berikut informasi selengkapnya yang terangkum.

Profil Jusuf Hamka

Pemilik nama asli Jauw A Loen atau Alun Joseph itu menggantinya menjadi Mohammad Jusuf Hamka usai memutuskan mualaf. Ia diketahui lahir di Jakarta pada 5 Desember 1957 yang berarti saat ini berusia 66 tahun.

Baca Juga: Jusuf Hamka Soal Utang Negara Rp 800 M: Ternyata Ada Yang 60 Tahun Belum Dibayar

Jusuf Hamka dikenal sebagai pebisnis, motivator, dan politisi Partai Golkar. Ia adalah pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), perusahaan yang ikut berperan dalam pembuatan jalan Tol Cawang-Tanjung Priok.

Sebagai pengusaha sukses, Hamka kerap membagikan pengalamannya sebagai motivator. Sementara di bidang politik, dirinya saat ini tercatat sebagai kader Partai Golkar dan digadang maju dalam Pilgub DKI Jakarta. 

Hamka pun pernah menjadi bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Lalu, ia juga kerap menjabat sebagai staf khusus di Kementerian Sosial (Kemensos).

Tak hanya dikenal sebagai pengusaha jalan tol, nama Jusuf Hamka juga tercatat sebagai komisaris di beberapa perusahaan. Ia pun aktif bermedia sosial melalui akun Instagram @jusufhamka yang punya 1 juta pengikut.

Pada akun yang sudah bercentang biru dan dikelola oleh admin itu, Hamka kerap membagikan kegiatan sehari-harinya. Selain itu, ada quote atau kutipan menarik yang ia sematkan dalam bio Instagram-nya tersebut.

Baca Juga: Usung Jusuf Hamka Duet Dengan Kaesang Di Pilgub DKI, Airlangga Disebut Sedang Cari Muka Ke Jokowi

"Banyak duit jangan sombong, ga banyak duit jangan bohong, ga punya duit jangan nyolong, punya utang jangan songong" tulis Hamka pada bio Instagram-nya, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Kutipan tersebut diduga ditujukan untuk pemerintah. Beberapa waktu lalu, Jusuf Hamka juga sempat menjadi topik perbincangan hangat usai mengklaim utang pemerintah kepada dirinya telah mencapai Rp800 miliar.

Terkait rencana mengusung Jusuf Hamka sebagai pendamping Kaesang, Airlangga mengungkap alasannya. Adapun pihaknya menyiapkan Jusuf Hamka karena ia telah berpengalaman di bidang infrastruktur. 

Sebab, menurut Airlangga, permasalahan utama yang ada di Jakarta yakni kemacetan dan sosok Jusuf Hamka dianggap bisa mengatasi hal ini. Sementara itu, Jusuf Hamka menanggapi kabar tersebut dengan istirja.

"Saya cuma bisa bilang innalillahi wainailaihi rojiun," ujar Jusuf Hamka saat ditanya wartawan, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #jusuf #hamka #yang #digadang #jadi #pasangan #kaesang #pilgub #jakarta

KOMENTAR