Anofial Asmid Tolak Salaman dengan Aaliyah Massaid Calon Mantunya, Ternyata Ini Sebabnya
Ayah Thariq Halilintar, Anofial Asmid tolak salaman dengan Aaliyah Massaid. [YouTube/Gen Halilintar]
09:38
9 Juli 2024

Anofial Asmid Tolak Salaman dengan Aaliyah Massaid Calon Mantunya, Ternyata Ini Sebabnya

Ayah Thariq Halintar, Anofial Asmid terang-terangan belum mau bersalaman dengan calon menantunya, Aaliyah Massaid. Padahal Aaliyah selangkah lagi akan menikah dengan Thariq.

Dalam beberapa kesempatan saat mereka keduanya bertemu, Anofial Asmid memilih untuk merapatkan kedua tangan saat Aaliyah mengajak bersalaman atau sungkem. Itu juga terlihat ketika acara Tedak Siten Azura yang berlangsung Minggu (7/7/2024) lalu.

Selesai acara, Aaliyah Massaid diajak untuk mengingat kembali acara lamaran dirinya dengan Thariq Halilintar, khususnya pada momen ketika Aaliyah hendak bersalaman dengan sang calon mertua, Anofial Asmid dan Geni Faruk.

Anofial Asmid yang berdiri tak jauh dari Aaliyah Massaid mengaku enggan menyalami calon menantunya itu. Bukan tanpa sebab, dia mengklaim mengikuti ajaran agama.

Baca Juga: Video Lawas Thariq Halilintar Ajak Fuji Nikah Ramai Lagi, Reaksi Mantan di Luar Dugaan

Ayah Thariq Halilintar, Anofial Asmid tolak salaman dengan Aaliyah Massaid. [YouTube/Gen Halilintar]Ayah Thariq Halilintar, Anofial Asmid tolak salaman dengan Aaliyah Massaid. [YouTube/Gen Halilintar]

"Ini Abi mau salaman sama dia, tapi syariat gak membenarkan sekarang. Tuhan gak membenarkan Abi salaman sekarang," ujarnya seperti dilihat dari YouTube Gen Halilintar, Selasa (8/7).

Menurut Anofial Asmid, dirinya baru bisa bersalaman dengan Aaliyah Massaid setelah putri Reza Artamevia itu resmi dinikahi oleh Thariq Halilintar. Nantinya mereka berstatus sebagai mertua dan menantu.

Anofial Asmid kemudian menekankan hukum mengenai bersalaman dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Nampaknya, ayah Thariq memegang hukum mahram dalam agama Islam di mana salah satu yang bisa disebut mahram karena pernikahan adalah istri dari anak alias menantu.

"Satu-satunya perempuan bukan muhrim yang bisa disalami adalah menantu. Besan gak boleh, anak besan juga gak boleh. Tapi yang bisa salaman sama Abi adalah menantu. Mami (Geni Faruk) juga begitu," bebernya.

Dikutip dari NU Online, terdapat perbedaan pandangan ulama mengenai hukum berjabat tangan dengan lawan jenis. Ulama Madzhab Hanafi membolehkan untuk bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahramnya asalkan tidak menimbulkan syahwat.

Baca Juga: Tak Seperti Geni Faruk, Kris Dayanti Ogah Koar-koar Gelar Haji sampai Bikin Adjie Massaid Kagum

Di sisi lain, ulama Madzhab Syafi'i, Maliki hingga Ibnu Taimiyah memiliki pendapat yang kontras. Madzhab Syafi'i mengharamkan jabat tangan kepada yang bukan muhrim sekalipun laki-laki kepada wanita tua. Namun, jabat tangan tersebut diperbolehkan jika ada penghalangnya seperti sarung tangan.

Disebut-sebut, ulama yang melarang praktik tersebut berdasarkan pandangannya pada keumuman hadist. Sedangkan yang membolehkannya karena memegang asas pengecualian.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #anofial #asmid #tolak #salaman #dengan #aaliyah #massaid #calon #mantunya #ternyata #sebabnya

KOMENTAR