Ini Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah Untuk Hajat Agar Cepat Terkabul, Simak Panduannya!
Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah Untuk Hajat (Freepik)
08:15
6 Juli 2024

Ini Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah Untuk Hajat Agar Cepat Terkabul, Simak Panduannya!

Dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan dan ujian yang menguji kesabaran dan keimanan. Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pertolongan-Nya adalah dengan memperbanyak bacaan sholawat nabi, yakni sholawat nariyah salah satunya.

Perlu dipahami bahwa sholawat bukan hanya merupakan bentuk pujian kepada Nabi Muhammad SAW, tetapi juga sebagai doa yang membawa berkah dan rahmat dalam hidup kita. Dengan membaca sholawat, kita berharap agar Allah SWT memberikan kemudahan dan perlindungan dalam setiap langkah yang kita ambil.

Dalam Islam, kita mengenal berbagai jenis bacaan sholawat. Sholawat adalah doa yang dilantunkan oleh umat muslim untuk memohon kepada Allah SWT serta sebagai pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Nah, salah satu sholawat yang terkenal di kalangan umat muslim adalah sholawat nariyah. Seperti halnya sholawat lainnya yang memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri, sholawat nariyah ini juga memiliki keistimewaan dan keutamaan.

Salah satu hadits yang sangat populer yang membuat kita rajin membaca shalawat adalah sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan, mengampuni 10 dosanya, dan menaikkan 10 derajat baginya."

Baca Juga: Doa dan Zikir Setelah Sholat Hajat Lengkap Sesuai Anjuran Rasulullah

Lalu, bagaimana cara untuk mencapai manfaat tersebut? Terdapat beberapa cara untuk mengamalkan sholawat nariyah serta manfaat yang bisa diperoleh dari pengamalannya.

Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah untuk Hajat

Menurut M Syafi’i dalam bukunya yang berjudul 'Terjemahan Yaasiin Fadhilah Berserta Doa-doa', berikut ini adalah cara mengamalkan sholawat nariyah:

1. Bagi seseorang yang sedang mengalami kesulitan karena kehilangan barang, disarankan untuk membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali. Insya Allah, barang yang hilang akan segera ditemukan. Jika barang yang hilang tersebut diambil oleh seseorang dan tidak dikembalikan, maka orang tersebut akan mengalami musibah atas izin Allah SWT. Setelah menyelesaikan amalan ini, sebaiknya dilanjutkan dengan doa seperti berikut:

"Ya Allah, dengan berkah sholawat nariyah ini, aku mohon agar Engkau mengembalikan barangku."

Doa ini dapat dibaca sebanyak 11 kali dengan niat yang tulus dan hati yang khusyuk.

Baca Juga: Panduan Tata Cara Sholat Hajat Khusus Bayar Hutang, Baca Doa yang Mustajab Ini!

2. Untuk melancarkan rezeki, menjauhkan dari gangguan jahat, atau memudahkan tercapainya hajat besar, bacalah sholawat nariyah sebanyak 444 kali. Bacaan ini bisa dilakukan sendirian atau secara berjamaah.

3. Membaca sholawat nariyah sebanyak 40 kali setiap hari bermanfaat untuk menghilangkan segala macam kesulitan, memudahkan pekerjaan, mencerahkan hati, meninggikan pangkat, memperbaiki akhlak, menghindarkan diri dari malapetaka, dan perbuatan buruk.

4. Membaca sholawat nariyah sebanyak 21 kali setiap setelah sholat subuh dan maghrib akan menjaga dari segala bentuk musibah dan malapetaka.

5. Setelah sholat 5 waktu, disarankan untuk membaca sholawat nariyah 11 kali untuk melindungi diri dari bala’ atau musibah lahir dan batin.

Berikut ini adalah bacaan sholawat nariyah dan terjemahannya:

"Allahumma salli salatan kamilatan wa sallim salaman tammam ‘ala sayyidina Muhammadin alladhi tanhallu bihi al-‘uqudu wa tanfariju bihi al-kurabu wa tuqdha bihi al-hawa’iju wa tunalu bihi ar-ragha’ibu wa husnu al-khawatimi wa yustasqa al-ghamamu biwajhihi al-karimi wa ‘ala alihi wa sahbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi‘adadi kulli ma‘lumil laka".

Artinya:

"Ya Allah, curahkanlah shalawat yang sempurna dan salam yang penuh kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Berkat beliau, segala kesulitan dapat terselesaikan, semua kesusahan dapat dihilangkan, setiap keperluan dapat dipenuhi, dan segala yang diinginkan serta husnul khatimah dapat diraih. Karena kemuliaan beliau, hujan pun turun. Semoga shalawat juga tercurah kepada keluarganya dan para sahabatnya, di setiap waktu dan hembusan nafas, sebanyak jumlah yang diketahui oleh-Mu".

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #mengamalkan #sholawat #nariyah #untuk #hajat #agar #cepat #terkabul #simak #panduannya

KOMENTAR