Doa Tahun Baru Hijriyah, Ini Bacaan Arab dan Latinnya, Amalkan Menjelang Malam 1 Muharram 1446 H
Ilustrasi tahun baru hijriyah - doa tahun baru hijriyah (Freepik)
14:50
4 Juli 2024

Doa Tahun Baru Hijriyah, Ini Bacaan Arab dan Latinnya, Amalkan Menjelang Malam 1 Muharram 1446 H

Tahun Baru Hijriah sebentar lagi akan tiba. Saat memasuki awal tahun, umat Islam dianjurkan untuk baca doa. Lantas, apa bacaan doa tahun baru hijriyah? Simak berikut ini bacaan doanya lengkap dengan keutamaannya.

Diketahui bahwa tahun baru hijriah atau tahun baru Islam jatuh setiap tanggal 1 Muharram. Tahun ini pergantian tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah bertepatan dengan tanggal 7 Juli 2024.

Dalam Islam, saat pergantian tahun dianjurkan agar umat Muslim memanjatkan doa. Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini bacaan doa tahun baru hijriyah lengkapnya dengan keutamaannya.

Baccan Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun

Baca Juga: Contoh Khutbah Jumat Tahun Baru Islam, Mengingatkan Pentingnya Puasa di Bulan Muharram

Saat akhir tahun kalender Hijriah, tepatnya pada tanggal terakhir di bulan Dzulhijjah, Rasulullah SAW biasanya akan membaca doa tiga kali jelang masuk waktu maghrib. Adapun bacaan doa akhir tahun Hijriyah sebagai berikut:


اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqûbati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim.

Artinya: "Ya Allah, perbuatan apapun yang telah aku lakukan pada tahun ini yang Engkau larang dan aku belum bertaubat darinya, sedangkan Engkau masih bersabar terhadapku dengan karunia-Mu setelah Engkau memiliki kekuasaan untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah aku berani melakukan maksiat kepada-Mu, maka aku memohon ampunan-Mu, ampunilah aku. Dan perbuatan yang aku lakukan tahun ini yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala atasnya, aku memohon kepada-Mu untuk menerimanya dariku. Janganlah Engkau memutuskan harapanku kepada-Mu, wahai Yang Maha Mulia."

Usai baca doa akhir tahun, dianjurkan juga untuk melanjutkan baca doa awal tahun. Adapun bacaan doa awal tahun Hijriyah seperti berikut ini:

Baca Juga: 25 Ucapan dan Poster Tahun Baru Hijriyah, Siap Pakai Langsung Upload di Media Sosial

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

 Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi jûdikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'I, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Karena karunia dan kemurahan-Mu yang besar, Engkau menjadi harapan yang teguh bagiku. Saat memasuki tahun baru ini, aku memohon perlindungan dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya. Aku juga memohon pertolongan-Mu dalam mengatasi hawa nafsu yang sering menggoda untuk berbuat jahat. Aku memohon petunjuk dari-Mu agar setiap aktivitas keseharianku dapat mendekatkan diriku pada rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia."

Keutamaan Baca Doa Tahun Baru

Baca doa awal tahun dan akhir tahun memiliki sejumlah keutamaan. Adapun salah satu keutamaan dengan mengamalkan doa awal tahun dan akhir tahun yaitu mendapat perlindungan dan pertolongan Allah SWT dari berbagai macam bencana maupun godaan syetan.

Selain itu, keutamaan lainnya yaitu Allah SWT dijaga oleh dua malaikat dari tipu daya syetan, terhindar dari fitnah, dan dijauhkan dari nafsu angkara murka. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Demikian ulasan mengenai doa tahun baru hijriyah lengkap dengan bacaan doa awal tahun dan akhir tahun, serta keutamaannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #tahun #baru #hijriyah #bacaan #arab #latinnya #amalkan #menjelang #malam #muharram #1446

KOMENTAR