Riwayat Pendidikan Guru Gembul, Berani Sebut Habib Bahar bin Smith Ulama Gadungan
Potret Guru Gembul, konten kreator YouTube yang kerap bahas isu pendidikan, politik, sejarah, agama dan lainnya. (YouTube/R66 Newlitics)
23:36
2 Juli 2024

Riwayat Pendidikan Guru Gembul, Berani Sebut Habib Bahar bin Smith Ulama Gadungan

Sosok Guru Gembul menuai sorotan di tengah-tengah perseteruan panas Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith. Hal ini ditengarai karena ia blak-blakan menyebut Habib Bahar sebagai ulama gadungan.

Pernyataan ini dilontarkan Guru Gembul di salah satu konten YouTube-nya akhir tahun lalu. Kala itu, ia menyoroti Habib Bahar yang gelagapan saat diminta membaca Arab Gundul di podcast Refly Harun.

Perkataan Guru Gembul ini kini kembali menuai sorotan. Sosoknya pun saat ini sedang dicari-cari publik, tak terkecuali dengan riwayat pendidikannya. Berikut adalah ulasannya.

Guru Gembul saat beri tanggapan terkait somasi yang diarahkan padanya. (YouTube/Guru Gembul)Guru Gembul saat beri tanggapan terkait somasi yang diarahkan padanya. (YouTube/Guru Gembul)

Riwayat Pendidikan Guru Gembul

Baca Juga: Terbongkar! Habib Bahar Gunakan Hadis Palsu untuk Bela Silsilah Keturunan Nabi

Guru Gembul dikenal sebagai seorang influencer oleh masyarakat luas. Ia dirumorkan memiliki nama asli Jafar Rohadi. Nama Guru Gembul sendiri muncul karena perawakan tubuhnya.

Hal ini pernah blak-blakan diungkap Guru Gembul ketika menjadi bintang tamu di konten YouTube COKRO TV yang dipandu Ade Armando beberapa hari yang lalu.

"Kalau Guru Gembul kenapa gembul?" tanya Ade Armando.

"Ya bisa terlihat lah," jawab Guru Gembul.

Terlepas dari profesinya sebagai influencer, Guru Gembul juga bekerja sebagai pengajar. Ia pernah mengajar di salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Kota Bandung.

Baca Juga: Siapa Guru Gembul? Sosok Jafar Rohadi Tegas Sebut Habib Bahas bin Smith Ulama Gadungan

Guru Gembul dalam salah satu podcast pernah membeberkan jika dahulu ia merupakan seorang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Terkait dengan pendidikan, Guru Gembul lulus dari bangku SMA pada tahun 2003. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Guru Gembul merupakan alumni jurusan kependidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Hal ini terungkap dari unggahan akun Facebook Ikatan Alumni UPI.

Sebelum akhirnya berkuliah jurusan keguruan di UPI, Guru Gembul pernah memiliki keinginan untuk berkuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan, Universitas Padjajaran (UNPAD).

Sayang, keinginan tersebut tak bisa terwujud karena biaya kuliah di UNPAD tergolong mahal. Sementara itu, kondisi keuangan keluarganya saat itu belum begitu berkecukupan.

"Ketika saya masuk universitas, yang saya percaya itu akan mengantarkan saya kepada jenjang yang saya maksud itu, enggak kuat membiayainya karena ekonomi kita belum kuat-kuat amat," jelas Guru Gembul.

"Ya itu Ilmu Pemerintahan, saya enggak sebut universitas, inisialnya aja ya Unpad. Cuma pada waktu itu terlalu mahal untuk orang tua saya. Jadi ya sudah saya tahu diri, saya cari yang SPP-nya lebih rendah daripada itu," imbuhnya.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #pendidikan #guru #gembul #berani #sebut #habib #bahar #smith #ulama #gadungan

KOMENTAR