Sosok Jusuf Wanandi, Petinggi Total Politik Sempat Sebut Anies Tak Bisa Kerja
Jusuf Wanandi [CSIS]
14:55
2 Juli 2024

Sosok Jusuf Wanandi, Petinggi Total Politik Sempat Sebut Anies Tak Bisa Kerja

Podcast Total Polik kembali menjadi perbincangan saat dibahas Pandji Pragiwaksono bersama Deddy Corbuzier. Hal ini terkait dengan huru-hara duo host podcast tersebut saat membahas dinasti politik.

Terbaru, Deddy Corbuzier menanyakan terkait petinggi Total Politik. Dalam hal ini, Pandji menyebutkan petinggi Total politik adalah Jusuf Wanandi.

Jadi petinggi total politik, siapa Jusuf Wanandi?

Profil Jusuf Wanandi

Baca Juga: Dikabarkan Pandji Tak Bisa Melihat, Adul Sakit Apa?

Jusuf Wanandi [CSIS]Jusuf Wanandi [CSIS]

Melansir laman resmi Total Politik, sosok yang menjabat sebagai posisi tertinggi dalam redaksi yakni dewan redaksi adalah Jusuf Wanandi.

Jusuf Wanandi senidri merupakan Senior Fellow dan salah satu pendiri Center for Strategic and International Studies (CSIS). Ia juga berperan sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan CSIS, Jakarta.

Jusuf Wanandi juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Nasional Indonesia untuk Pacific Economic Cooperation Council (INCPEC), Co-Chair Pacific Economic Cooperation Council (PECC), dan Co-Chair Dewan Kerjasama Keamanan di Asia Pasifik (CSCAP), Indonesia.

Jusuf juga sempat menempati posisi Presiden Direktur perusahaan penerbitan Harian The Jakarta Post serta Ketua Dewan Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya, dan Ketua Yayasan Universitas Panca Bhakti di Pontianak, Kalimantan Barat.

Jusuf Wanandi juga merupakan asisten profesor hukum di Universitas Indonesia.

Baca Juga: Namanya Diseret Pandji dalam Kasus Hoaks Adul Buta, Begini Reaksi Komeng

Jusuf Wanandi pernah diangkat sebagai Sekretaris Dewan Pertimbangan Agung Indonesia; Sekretaris Jenderal Dewan Pendidikan Nasional; dan sebagai wakil rakyat selama empat periode di Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Pria kelahiran 15 November 1937 itu juga aktif di Partai Golkar antara tahun 1979 sampai 1988 sebagai anggota Pengurus Pusat dalam berbagai kapasitas.

Sebut Anies Tak Bisa Kerja

Jusuf Wanandi sempat membuat pendukung Anis Baswedan geram di Pemilu 2024 itu. Pasalnya dengan tegas ia menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak bisa bekerja.

"Kalau campaign memang jago, kalau ngomong meyakinkan. Tapi dalam pelaksanaan, kan kita lihat waktu dia 5 tahun gubernur (DKI Jakarta). Apa hasilnya?" kata Jusuf Wanandi dengan nada tinggi seperti dilihat dari Youtube Total Politik, Sabtu (10/2/2024).

Jusuf Wanandi kemudian mencontohkan pembangunan trotoar di Jakarta oleh Anies yang menurutnya hanya untuk ditunjukkan kepada Presiden Jokowi.

"Supaya dilihat oleh Jokowi, dia (Anies) hebatnya, apanya yang hebat, gak ada apa-apa sebetulnya. Terus terang, gak ada," ucapnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sosok #jusuf #wanandi #petinggi #total #politik #sempat #sebut #anies #bisa #kerja

KOMENTAR