Satu Koalisi Tapi Tak Sama Gaya Hidup, Beda Pendidikan Selvi Ananda dan Arumi Bachsin Jadi Sorotan
Selvi Ananda dan Arumi Bachsin - Beda Pendidikan Selvi Ananda dan Arumi Bachsin (Kolase Instagram)
16:13
18 Januari 2024

Satu Koalisi Tapi Tak Sama Gaya Hidup, Beda Pendidikan Selvi Ananda dan Arumi Bachsin Jadi Sorotan

Sosok Arumi Bachsin pasti sudah tak asing lagi di telinga masyarakat, begitu pula dengan Selvi Ananda. Keduanya kini ramai diperbincangkan publik hingga banyak yang membanding-bandingkan riwayat pendidikannya. Selengkapnya, berikut ulasan tentang beda pendidikan Selvi Ananda dan Arumi Bachsin. 

Semenjak Gibran Rakabuming Raka maju menjadi calon wakil presiden pada Pemilu 2024, Selvi Ananda tampak selalu setia mendampinginya dalam setiap kampanye yang dilakukan. Hal ini pun juga menjadi momen pertemuannya dengan Arumi Bachsin, istri Emil Dardak.

Sebagaimana diketahui, Emil Dardak dan Arumi Bachsin telah ditunjuk sebagai juru bicara (jubir) Gibran beberapa saat setelah putra pertama Jokowi itu didapuk menjadi cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto. 

Sejak itu, Selvi Ananda dan Arumi Bachsin tampak akrab, bahkan keduanya sempat berfoto bersama. Tak sampai di situ, kedekatan keduanya juga diperlihatkan saat Arumi memberikan kejutan ulang tahun kepada Selvi belum lama ini.  

Meskipun demikian, terlihat ada perbedaan terkait gaya hidup keduanya. Terutma setelah menikah dengan pejabat publik yang cukup populer di Indonesia. Kebiasaan dan gaya hidup mereka agaknya memiliki perbedaan yang cukup menonjol. 

Hal ini lantas membuat sebagian orang membandingkan riwayat pendidikan keduanya. Sebagaimana diketahui, Selvi Ananda dan Arumi Bachsin memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Pendidikan Selvi Ananda  

Selvi Ananda adalah menantu dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Puti bungsu dari pasangan almarhum Didit Supriyadi dan Sri Partini tersebut lulusan SMA Negeri 1 Surakarta.

Usai menyelesaikan pendidikan SMA nya, wanita kelahiran 9 Januari 1989 tersebut memilih melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE UAB). 

Selama berkuliah, Selvi termasuk mahasiswi yang aktif dan berprestasi, terbukti nilainya yang sangat tinggi. Usai lulus kuliah pada 2011, Selvi mulai meniti karirnya dengan bekerja di salah satu bank bernama Panin Bank. 

Selanjutnya, Selvi mulai menjajal menjadi presenter televisi di tv lokal kota Solo bernama Terang Abadi Televisi (TATV), disana Selvi juga menoreh beberapa prestasi. Selain meraih prestasi akademik, Selvi juga aktif salam mengikuti ajang pageant. 

Tercatat, Selvi pertama kali mengikuti pemilihan putra-putri daerah di tahun 2007 namun gagal. Meski demikian, ia mencoba lagi di tahun 2009 dan berhasil memenangkan kompetisi hingga sukses menyandang gelar Putri Solo tahun 2009. 

Selvi Ananda, Arumi Bachsin, Nagita Slavina, dan Citra Kirana di Debat Cawapres 2024. (dok. Instagram)Selvi Ananda, Arumi Bachsin, Nagita Slavina, dan Citra Kirana di Debat Cawapres 2024. (dok. Instagram)

Pendidikan Arumi Bachsin 

Sementara itu, Arumi Bachsin sewaktu kecil bercita-cita menjadi psikolog. Selama menempuh bangku sekolah ia adalah siswi yang cukup berprestasi. Bahkan, di SMP Tirta Buaran, tempat ia menimba ilmu, Arumi masuk dalam kelas akselerasi. 

Memasuki bangku SMA, ia mulai menjajal keberuntungan di dunia hiburan dengan menjadi seorang mode. Karena jadwalnya yang cukup padat membuat Arumi tak memiliki waktu untuk pergi ke sekolah. Oleh sebab itu, ia memutuskan mengambil program homeschooling. 

Wanita kelahiran 19 Februari 1994 ini kemudian melanjutkan pendidikan tingginya dengan mengambil jurusan ekonomi di Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang saat ini sudah menjadi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 

Arumi lulus S1 di IAIN Tulungagungtahun 2019 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Meskipun ia harus menghabiskan waktu selama 7 tahun untuk lulus, namun Arumi berhasil meraih IPK cukup baik yaitu 3,4.

Sebenarnya, sebelum kuliah di IAIN Tulungagung, Arumi sebenarnya pernah menimba ilmu di kampus lain. Sebelum dikenal sebagai istri pejabat, Arumi telah lebih dulu moncer sebagai aktris, model dan pemain sinetron. 

Diketahui, setelah menikah dengan Emil Dardak, ia memutuskan untuk menarik diri menjadi aktris. Saat ini ia disibukan sebagai istri pejabat dan sudah memiliki dua anak yang bernama Lakeisha Ariestia Dardak dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak. 

Perbedaan Gaya Hidup Arumi Bachsin dan Selvi Ananda 

Diawali dengan Arumi Bachsin yang memang memulai kariernya di dunia hiburan sebagai seorang aktris. Bergaya hidup mewah memang bukan hal asing baginya, terutama koleksi tas branded sebagai penunjang penampilannya. 

Akan tetapi, gaya hidup Arumi Bachsin telah mengalami perubahan yang signifikan setelah menikah dengan Emil Dardak. Sebagaimana diketahui bahwa suami Arumi Bachsin adalah Wakil Gubernur Jawa Timur.  

Menurut pengakuannya, saat ini ia telah berhenti mengoleksi tas branded. Arumi mengungkapkan bahwa, penghasilan sang suami tak seharusnya dihabiskan untuk membeli atau melakukan hal-hal yang tidak berguna. 

Kini, ia memilih untuk mengoleksi sejumlah produk-produk lokal. Hal ini menjadi dedikasinya yang semakin dekat dengan UMKM lokal usai menjadi istri pejabat. 

Sementara itu, Selvi Ananda pernah mendapatkan gelar Putri Solo. Sejak menikah dengan Gibran Rakabuming Raka, ia memang memiliki gaya hidup yang berbeda. Meskipun tampak sederhana, tak dipungkiri bahwa sang suami merupakan sosok politikus dan pengusaha yang sukses. 

Hal ini terlihat dari berbagai koleksi tas mewah yang dimilikinya. Koleksi-koleksi ini juga tetap dipakai saat sang suami menjabat sebagai Walikota Solo. Diketahui, Selvi Ananda mempunyai sejumlah koleksi tas Hermes. 

Harga dari tas Hermes-nya itu sangat bervariasi namun sebagian besar dari koleksinya di atas Rp 100 juta. Selain itu, ketika ulang tahun, ia membawa sebuah hand bag miliknya dari brand Chanel. Setelah ditelusuri, harga tas tersebut mencapai Rp 138 juta. 

Demikianlah ulasan terkait beda pendidikan Selvi Ananda dan Arumi Bachsin. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #satu #koalisi #tapi #sama #gaya #hidup #beda #pendidikan #selvi #ananda #arumi #bachsin #jadi #sorotan

KOMENTAR