Harga Tiket Pesawat Masih Selangit, Menparekraf Sandiaga Punya Strategi Apa?
Menparekraf Sebut Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Turun. (Dok. Kemenparekraf)
16:44
27 Juni 2024

Harga Tiket Pesawat Masih Selangit, Menparekraf Sandiaga Punya Strategi Apa?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik.

Koordinasi antara Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat," ujar Sandiaga seperti dikutip dari ANTARA baru-baru ini. 

Sandiaga juga menyebutkan bahwa evaluasi biaya operasional maskapai dan kebijakan tarif tiket pesawat sedang dilakukan bersama dengan Kemenhub dan Kementerian BUMN.

Lebih lanjut, pihaknya telah menyerukan kepada maskapai penerbangan untuk menambah jumlah penerbangan guna mengatasi ketidakseimbangan suplai dan permintaan, dengan harapan tercapainya keseimbangan nasional.

Baca Juga: Siap Lawan Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi, PDIP Lirik Susi Pudjiastuti Hingga Sandiaga Uno di Pilgub Jabar

Selain itu, perhatian juga diberikan pada kebutuhan avtur sebagai bahan bakar pesawat untuk menghadirkan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian ESDM untuk mengkaji skema pajak, insentif, dan harga avtur yang lebih kompetitif guna menurunkan harga tiket pesawat," tambahnya.

Penerbangan Rute Kualanamu-Pekanbaru Resmi Ditambah. [Ist]Penerbangan Rute Kualanamu-Pekanbaru Resmi Ditambah. [Ist]

Kolaborasi lintas kementerian dan industri terus dilakukan untuk mencari solusi terhadap masalah harga tiket pesawat dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia.

Menparekraf menegaskan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti masalah harga tiket pesawat yang mahal, termasuk melalui komunikasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah maskapai penerbangan.

“Keluhan ini (tiket pesawat mahal) sangat kami dengar dan terus kami upayakan agar ada tindak lanjut segera,” ujarnya.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Kemenparekraf: Pilih Destinasi yang Dekat

Sandiaga juga memperkirakan bahwa harga tiket pesawat akan segera turun menyusul langkah maskapai penerbangan dalam menambah jumlah pesawat. Ia memprediksi harga tiket pesawat akan turun pada paruh kedua tahun ini.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #harga #tiket #pesawat #masih #selangit #menparekraf #sandiaga #punya #strategi

KOMENTAR