Apa Itu Nasab Habib? Pemicu Perseteruan Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith
Kolase Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith. (Instagram)
19:18
26 Juni 2024

Apa Itu Nasab Habib? Pemicu Perseteruan Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith

Perseteruan Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith terkait nasab habib di Indonesia sedang menjadi perbincangan panas publik belakangan ini.

Perseteruan ini bermula saat Rhoma Irama menceritakan kembali ceramah seorang habib yang mengatakan keturunan habib pasti masuk surga meskipun melakukan kesalahan.

"Dia cerita saya kaget-kaget ini. Di antaranya yang masih saya ingat, 'Hei itu kalau ada anak habib, walaupun dia mabuk-mabukan, walaupun dia penzina, pencuri, penjudi, jangan kate ape-ape, dia itu turunan nabi, jangan disakiti, jangan diomelin, dia itu ahli surga'," kata Rhoma Irama.

Pernyataan yang dilontarkan oleh Raja Dangdut itu membuat Habib Bahar bin Smith meradang. Ia menyebut apa yang dikatakan Rhoma Irama hanyalah fitnahan belaka.

Baca Juga: Jejak Kriminal Habib Bahar bin Smith, Kini Berseteru dengan Rhoma Irama soal Nasab

"Habib siapa yang ngomong begitu? Kalau habib pasti masuk surga meski dia bermaksiat, meski dia mabuk, pasti masuk surga," kata Habib Bahar.

"Jaga kau punya mulut Rhoma, jangan fitnah. Kalau memang ada habib yang ngomong begitu, saya Bahar bin Smith akan bantai itu habib di depan Rhoma Irama," imbuhnya.

Rhoma Irama, Habib Bahar bin Smith [kolase]Rhoma Irama, Habib Bahar bin Smith [kolase]

Lantas, apa itu nasab habib yang menjadi pemicu perseteruan Rhoma Irama dan Habib Bahar bin Smith?

Nasab berasal dari bahasa Arab, yaitu al-nasb yang memiliki arti menghubungkan kekerabatan, keturunan, atau menyebutkan keturunan.

Dalam ilmu fikih, nasab diartikan sebagai ikatan yang memperkuat tatanan kehidupan berkeluarga. Fungsinya sebagai tali pengikat yang menghubungkan anggota keluarga.

Baca Juga: Lagi Berseteru dengan Bahar bin Smith, Rhoma Irama Ingin Lakukan Hal Terpuji Ini Sebelum Meninggal Dunia

Sementara itu, habib berasal dari bahasa Arab, yaitu habba-yuhibbu yang mempunyai arti kesayangan atau orang yang dicintai.

Habib secara istilah merujuk pada gelar kehormatan yang diberikan kepada keturunan Nabi Muhammad SAW. Namun, perlu diingat bila tak semua keturunan Rasulullah adalah habib.

Nasab habib sendiri merujuk pada orang yang memiliki hubungan nasab dengan Rasulullah SAW. Garis keturunan ini bisa melalui garis keturunan Fatimah Az-zahra dan Ali bin Abi Thalib.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #nasab #habib #pemicu #perseteruan #rhoma #irama #habib #bahar #smith

KOMENTAR