Mengenal Temu, Aplikasi Belanja yang Mengancam UMKM Indonesia
Mengenal Temu, Aplikasi Belanja yang Mengancam UMKM Indonesia (Google Play)
20:07
25 Juni 2024

Mengenal Temu, Aplikasi Belanja yang Mengancam UMKM Indonesia

Belakangan ini, masuknya aplikasi Temu ke 58 negara tengah menjadi sorotan dari berbagai pihak. Aplikasi yang berasal dari China ini telah terhubung dengan 80 pabrik dan produknya bisa langsung diterima oleh seluruh konsumen di dunia.

Seperti apa fakta aplikasi Temu yang dianggap mengancam UMKM Indonesia ini?

Apa Itu Aplikasi Temu? 

Temu adalah sebuah platform e-commerce asal China yang mirip seperti tempat belanja online lainnya seperti Amazon, Alibaba, Shopee, dan lain sebagainya. Di aplikasi ini, para konsumen bisa menemukan berbagai produk mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, hingga elektronik, peralatan dapur, perlengkapan otomotif, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Temu pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2022 lalu, dan saat ini layanannya sudah tersedia di puluhan negara. Menurut data, aplikasi Temu ini sudah berhasil di-download 30 juta kali dalam sebulan, hingga menjadikannya aplikasi belanja nomor satu di Apple App Store dan Google Play Store.

Baca Juga: Kopi Produksi UMKM Asal NTT Maju ke Festival Dunia di Copenhagen

Sosok Pendiri Aplikasi Temu

Orang di balik kesuksesan PDD adalah Colin Huang, yang mendirikan perusahaan tersebut pada 2015 silam. Kemudian, Huang menjabat sebagai CEO sampai dengan Juli 2020 dan ketua dewan direksi hingga Maret 2021. Huang sendiri lahir dari pekerja pabrik di Hangzhou, sebuah kota di China timur dan kuliah di Universitas Zhejiang, sebuah sekolah terkemuka di Negeri Tirai Bambu. Kemudian, ia juga memperoleh gelar master di bidang ilmu komputer dari Universitas Wisconsin pada 2004 dan pada tahun yang sama, Huang dipekerjakan oleh Google sebagai seorang insinyur.

Lalu pada 2006, Huang kembali ke China untuk bergabung dengan unit Google Tiongkok yang dipimpin oleh Kai-fu Lee. Huang mengundurkan diri tidak lama setelah itu dan mendirikan situs e-commerce bernama Oku, yang dijual seharga US$2,2 juta pada 2010.

Selanjutnya, Pinduoduo (PDD) yang merupakan startup keempat Huang menjadi salah satu startup paling sukses hingga saat ini. Dalam beberapa tahun, ia bahkan telah diakui sebagai salah satu wirausahawan terkaya di China. Pada 2021 lalu, Forbes menempatkannya di peringkat ke-6 dalam 'Daftar Orang Terkaya di Tiongkok Daratan' dengan kekayaan bersih sekitar US$30 miliar. Ketika ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari PDD tahun itu, Huang menjelaskan bahwa dirinya keluar untuk mengejar 'peluang yang baru dalam jangka panjang'.

Aplikasi Temu Diawasi Kemendag

Aplikasi asal China bernama Temu ini memang disebut-sebut akan menjadi ancaman baru UMKM Indonesia setelah TikTok Shop. Kementerian Perdagangan (Kemendag) lantas angkat bicara terkait kabar tersebut. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan bahwa sampai saat ini aplikasi Temu belum masuk ke Indonesia, namun pihaknya akan memantau terus pergerakan dari aplikasi tersebut. Aplikasi Temu memiliki model bisnis yang berbeda dengan kebijakan Indonesia, dan bahkan dianggap tidak cocok dengan aturan Indonesia.

Sebelumnya, aplikasi ini telah diungkap oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki pada saat rapat kerja dengan DPR RI Komisi VI, pada Senin awal pekan kemarin. Menurutnya, aplikasi Temu menggunakan metode penjualan factory to consumer (penjualan langsung dari pabrik ke konsumen). Dan dengan masuknya aplikasi tersebut ke 58 negara, apalagi jika hingga masuk ke Indonesia dengan metode Factory to Consumer, tentunya bisa berdampak pada UMKM dan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Baca Juga: Bangkit dari Pandemi, Penjual Kue Ini Raup Omzet Rp5 Juta Berkat Pinjaman Modal UMi BRI

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #mengenal #temu #aplikasi #belanja #yang #mengancam #umkm #indonesia

KOMENTAR