Beda dari Milenial, Ternyata Ini Olahraga yang Digemari Oleh GenZ
Ilustrasi lari pagi. (Unsplash.com/ Gabin Vallet)
09:59
20 Juni 2024

Beda dari Milenial, Ternyata Ini Olahraga yang Digemari Oleh GenZ

Sejak pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat untuk olahraga relatif meningkat. Menariknya, ternyata setiap generasi punya preferensi olahraga tersendiri.

Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui kebiasaan olahraga dan gaya hidup yang diterapkan. Laporan yang melibatkan 4477 responden Gen Z dan Milenial ini menunjukkan lokasi, waktu, dan tujuan berolahraga; serta gaya hidup sehat yang dilakukan.

Secara umum, 54 persen responden mengklaim jalan kaki sebagai olahraga yang mereka lakukan. Selain itu, 3 dari 10 Gen Z dan Milenial mengaku memilih lari sebagai olahraga harian mereka. Olahraga lain yang juga digandrungi adalah bulu tangkis (25 persen), bersepeda (23 persen), dan sepak bola (17 persen).

“Gen Z cenderung lebih aktif dalam olahraga intensitas lebih tinggi seperti lari dan badminton, dibandingkan dengan Millennial yang lebih banyak memilih jalan kaki sebagai olahraga utama mereka. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh gaya hidup, prioritas kesehatan, atau faktor psikologis yang berbeda antara kedua generasi,” ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna.

Baca Juga: Erina Gudono Tetap Olahraga Selama Hamil, Ternyata Bisa Bantu Mudahkan Persalinan

Ilustrasi Lari Pagi (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)Ilustrasi Lari Pagi (Pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Rumah (54%) dan lapangan olahraga (53 persen) adalah dua spot favorit berolahraga. Satu dari 3 orang senang beraktivitas fisik di taman. Terkait frekuensi, sepertiga dari responden mengaku mereka berolahraga sekali seminggu. Hanya 12 persenyang berolahraga tiap hari. Selain itu, 60 persen Milenial dan 52 persen Gen Z mengaku berolahraga di pagi hari. Sebanyak 37 persen responden juga mengklaim bahwa mereka berolahraga sebelum memulai aktivitas utama, seperti bekerja, sekolah, atau mengantar anak ke sekolah.

Ada berbagai alasan untuk berolahraga, seperti meningkatkan imunitas (58 persen), mengurangi stress (47 persen), menyehatkan jantung (39 persen), dan memperbaiki mood (36 persen). Empat dari 10 pria setuju bahwa aktivitas fisik ini dapat mengurang stres.

Tak hanya fisik, olahraga juga berpengaruh baik bagi kesehatan mental. Delapan dari 10 Gen Z mengaku kegiatan fisik tersebut memberi berdampak positif bagi pikiran mereka.

“Dari riset kami, Gen Z mengungkapkan bahwa aktivitas fisik tidak hanya membantu mereka tetap sehat secara fisik, tetapi juga merupakan alat penting untuk meningkatkan kesehatan mental, seperti mengurangi stres dan meningkatkan mood. Ini berbeda dengan Milenial yang mungkin memiliki pendekatan berbeda dalam mengelola kesehatan mental mereka,” tutur Hasna.

Baca Juga: Telkom Gelar Digiland Run 2024, Usung Konsep Olahraga Berteknologi

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #beda #dari #milenial #ternyata #olahraga #yang #digemari #oleh #genz

KOMENTAR