Doa Setelah Sholat Dhuha, Agar Selalu Dilancarkan Rezeki
doa setelah sholat dhuha dan artinya (freepik)
16:32
19 Juni 2024

Doa Setelah Sholat Dhuha, Agar Selalu Dilancarkan Rezeki

Sebelum memulai kegiatan harian, sholat dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang bisa dilakukan oleh Umat Muslim. Seperti pelaksanaan sholat pada umumnya, usai sholat dhuha, sudah sebaiknya Anda melanjutkannya dengan doa.

Membaca doa setelah sholat dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara memohon kelancaran di hari tersebut, melancarkan rezeki, serta meminta kesehatan.

Doa setelah sholat dhuha

Melansir dari laman Muhammadiyah, sebenarnya memang tidak ada hadis yang menjelaskan doa tertentu setelah sholat dhuha. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak perlu berdoa.

Baca Juga: 6 Doa Setelah Sholat Wajib, Minta Perlidungan Dunia dan Akhirat

Jika kebingungan menentukan doa setelah sholat dhuha, Anda bisa memanjatkan doa berikut.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ


اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'siran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.

Baca Juga: Doa Penerima Daging Kurban, Simak Bacaan Arabnya dan Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan

Artinya: "Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan adalah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu, perlindungan-Mu".

"Ya Allah, bila rezekiku masih diatas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa untuk diberi kesabaran dalam menghadapi masalah

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da iz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah innaka antal wahhab.”

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, janganlah Kau jadikan hati kami condong pada kesesatan usai Kau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah pada kami rahmat dari sisi-Mu karena sesungguhnya Kau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Demikian informasi mengenai doa setelah sholat dhuha, selamat mengamalkan dan semoga mendapat keberkahannya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #setelah #sholat #dhuha #agar #selalu #dilancarkan #rezeki

KOMENTAR