Perbedaan Sapi Limousin dan Simmental, Sama-sama Favorit Hewan Kurban Presiden, Mana Lebih Unggul?
Ilustrasi perbedaan sapi limousin dan Simmental (Freepik)
05:44
19 Juni 2024

Perbedaan Sapi Limousin dan Simmental, Sama-sama Favorit Hewan Kurban Presiden, Mana Lebih Unggul?

Tahu kah kamu bahwa ada sapi jenis limousine dan Simmental? Dua jenis sapi ini sering dijadikan pilihan hewan kurban, termasuk oleh Presiden Jokowi. Lantas, apa perbedaan sapi limousin dan Simmental? Berikut ini penjelasannya.

Diberitakan bahwa tahun ini Presiden Jokowi kurban sapi jenis limousine di Hari Raya Idul Adha 2024. Sapi yang disumbangkan Presiden Jokowi ke PP Muhammadiyah ini berwarna putih dan memiliki berat 1 ton.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis sapi yang biasa dijadikan hewan kurban oleh Presiden. Adapun jenis sapi tersebut yaitu sapi limousine dan Simmental. Nah untuk mengetahui perbedaan sapi limousin dan Simmental, berikut ini penjelasannya.

1. Karakter Fisik

Baca Juga: Deretan Momen Epic Sapi Vs Manusia yang Tiap Tahun Pasti Ada di Idul Adha

Jika dilihat secara fisik, sapi limousine dan simental dan sapi limosin ini cukup mirip. Hanya saja, sapi simental memiliki fisik yang cenderung lebih besar daripada limosin. Selain itu, fisik simental juga lebih berotot.Warna sapi simental juga biasanya juga bervariasi.

Sedangkan fisik sapi limosin ini cenderung lebih panjang dan paling berotot dibanding jenis sapi lainnya. Warna bulu sapi limosin juga cukup unik karena adanya warna coklat atau merah pada bagian tubuhnya dan warna putih pada bagian kepala dan perutnya.

2. Harganya

Perbedaan dari jenis sapi limousine dan Simmental dapa t dilihat dari harganya. Kedua jenis sapi ini sama-sama memiliki harga yang cenderung lebih tinggi di pasaran dibanding sapi lainnya.  Untu harga sapi simmental dewasa bobot 1000-1150 kg berkisar Rp 18-20 juta.

Sedangkan untuk harga sapi limousine dewasa bobot 650-1000 kg 15-20 juta. Bahkan, ada juga peternak yang berani jual sapi limosin dengan harga Rp 100 juta.

Baca Juga: Apa Alasan Sapi Limosin Sering Jadi Hewan Kurban Artis Hingga Presiden?

3. Kualitas Daging

Kualitas daging sapi limousine dan Simmental ini sama-sama memiliki daging berkualitas tinggi. Meski demikian, daging dari kedua jenis sapi ini juga tetap ada  perbedaannya. Untuk karakter daging sapi cenderung lebih berlemak dan cenderung lebih halus.

Sedangkan daging sapi limosin ini rendah lemak dan lebih berotot. Selain itu, daging sapi limosin juga memiliki daging yang warnanya cenderung lebih merah dibandingkan dengan jenis sapi Simmental.

Demikian ulasan mengenai perbedaan sapi limousin dan Simmental yang biasa dijadikan hewan kurban oleh Presiden. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #perbedaan #sapi #limousin #simmental #sama #sama #favorit #hewan #kurban #presiden #mana #lebih #unggul

KOMENTAR