Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar, Hindari Langkah Ini Supaya Tidak Keracunan!
Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar, Hindari Langkah Ini Supaya Tidak Keracunan! (freepik)
16:32
18 Juni 2024

Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar, Hindari Langkah Ini Supaya Tidak Keracunan!

Mendapatkan daging kurban yang cukup banyak mungkin akan membuat kamu sedikit bingung cara mengelolanya. Sebagian bisa kamu simpan di freezer. Nanti saat akan dimasak tinggal dicairkan saja. Berikut cara mencairkan daging beku yang benar.

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum tahu cara mencairkan daging beku yang benar. Untuk mencairkan daging beku dibutuhkan ketepatan suhu agar daging tetap aman untuk dikonsumsi. Daging beku yang dicairkan dalam suhu terlalu panas dalam waktu lama justru akan mengaktifkan bakteri berbahaya yang dapat menjadi penyebab keracunan. Karena itu, harus diketahui cara mencairkan daging beku yang benar. 

Berikut rekomendasi cara mencairkan daging beku yang benar agar daging tetap baik untuk dikonsumsi.

1. Diamkan daging beku di bagian paling bawah kulkas

Meletakkan daging beku di bagian paling bawah kulkas bisa menjadi cara paling aman untuk mencairkan daging beku yang baru dikeluarkan dari freezer. Pastikan untuk menjauhkan daging beku tersebut dari makanan lain. 

Kalau sebelumnya ada bahan-bahan makanan lain di bagian terbawah kulkas, ambil lebih dahulu dan letakkan di wadah terpisah. Proses mencairkan daging beku dengan cara alami akan memakan waktu sampai 24 jam untuk 2,5 kilogram daging. Oleh karenanya, cara ini memang bukan cara tercepat, tetapi ini cara benar dan aman dan kualitas daging juga akan tetap terjaga selama satu sampai dua hari setelahnya. 

2. Menggunakan air 

Cara yang lebih cepat untuk mencairkan daging beku dari freezer adalah dengan air. Akan tetapi, kamu harus memperhatikan cara higienis untuk melakukannya. 

Ketika akan menyimpan daging ke freezer, pastikan terlebih dahulu kantong plastik aman. Bungkus daging dengan kantong plastik, pastikan tidak bocor untuk mencegah masuknya bakteri, dan pastikan tidak ada angin di dalam kantong plastik. 

Ketika akan mencairkannya, masukkan daging yang masih dibungkus kantong plastik itu ke dalam baskon berisi air. Gantilah air setiap 30 menit sekali sehingga tekstur daging yang tad keras dan beku dapat kembali seperti semula secara alami dan aman. 

Mencairkan daging beku dengan cara ini akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk 2,5 kilogram daging. 

3. Dengan air mengalir 

Selain merendam daging beku di dalam air, kamu juga bisa mencairkan daging beku dengan air mengalir. Caranya daging yang masih terbungkus plastik rapat dialiri air selama beberapa menit hinga daging tidak lagi beku. 

4. Menggunakan microwave 

Cara lain mencairkan daging beku adalah dengan memanaskannya di microwave. Akan tetapi, kamu harus sangat berhati-hati saat melakukannya. Gunakan wadah aman dan tahan panas seperti wadah styrofoam atau karton kemasan. Pastikan tidak ada cairan yang keluar dari plastik. 

Kalau sudah dipastikan aman, nyalakan oven microwae dengan mode 'defrosting'. Tunggu sampai daging tidak lagi beku. Namun cara ini disarankan hanya dilakukan untuk daging yang akan segera dimasak. Karena itu, jika tidak akan memasak semuanya, misalnya hanya beberapa gram saja, cairkan sesuai kebutuhan. 

Jangan biarkan daging tersisa berada di suhu ruangan hingga bagian tengahnya tidak lagi membeku. Bakteri bisa tumbuh pada permukaan daging. 

Demikian itu cara mencairkan daging beku yang benar. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #mencairkan #daging #beku #yang #benar #hindari #langkah #supaya #tidak #keracunan

KOMENTAR