Profil Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Pertama RI yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024
Potret pesenam Rifda Irfanaluthfi (instagram.com/rifda_irfanaluthfi)
15:31
18 Juni 2024

Profil Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Pertama RI yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Pesenam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi kini menjadi buah bibir, lantaran prestasinya yang mengudang decak kagum banyak orang.

Rifda berhasil mengukir sejarah baru karena menjadi atlet senam Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade di Paris pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu dibenarkan oleh Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Persani). Manajer sekaligus Kabid Binpres PB Persani, Hesti Diwayanti mengatakan, Rifda akan tampil di event terbesar dunia itu melalui Federation Internationale de Gymnastique (FIG) Rules.

Adapun tiket Olimpiade Paris 2024 berhasil direbut oleh Rifda, setelah ia tampil mengesankan di World Artistic Gymnastics Championship 2023, di Antwerp, Belgia, pada Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Pesenam Rifda Irfanaluthfi Ingin Cetak Sejarah untuk Indonesia di Olimpiade 2024

Keberhasilan itu tak hanya menjadi kebanggaan PB Persani, tapi juga kebanggan seluruh rakyat Indonesia yang telah lama menanti momen bersejarah ini.

Lantas siapakah sebenarnya sosok Rifda Irfanaluthfi? Berikut ulasannya.

Profil Rifda Irfanaluthfi

Rifda Irfanaluthfi lahir di Jakarta, 16 Oktober 1999. Dengan begitu, dalam waktu dekat, usia Rifda akan menginjak 24 tahun.

Selain menjadi atlet, Rifda juga tak melupakan pendidikannya. Ia telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Baca Juga: Tampil Perdana di Olimpiade Paris 2024, Inilah Target Atlet Senam Indonesia

Ketertarikannya dengan dunia senam sudah tumbuh sejak ia berusia lima tahun. Ketika itu, ia sudah menjadi atlet dan tampil di kategori tunggal dan senam artistik.

Rifda tak main-main menekuni dunia senam. Pada 2014, ia mengikuti Pekan Olah Raga (PON) Remaja, mewakili DKI Jakarta.

Ketika itu, ia berhasil meraih dua medali emas. Keberhasilan itu lantas membawanya ke Doha, Qatar pada 2015 untuk mengikuti kejuaraan internasional. Di sana, Rifda ikut dalam tiga nomor, tetapi keberuntungan belum berpihak padanya. Ketika itu Rifda belum lolos ke final.

Namun di tahun yang sama, Rifda menjadi bagian dari kontingen Indonesia di SEA Games di Singapura. Ia berhasil memboyong medali perak dari nomor senam lantai. Ia kalah dari pesenam Malaysia, Farah Ann Abdul Hadi.

Meski tak meraih juara pertama, nama Rifda semakin dikenal di dunia senam, tak hanya di Indonesia namun juga di beberapa negara.

Pada 2017, Rifda kembali tampil di SEA Games. Penampilannya makin memukau. Ia meraih sari medali emas, satu perak dan tiga perunggu untuk Indonesia.

Pada 2018, ia tampil Asian Games dan meraih medali perak pada nomor senam lantai. Dan di SEA Games 2019, Rifda membawa pulang satu medali emas dan tiga perak dari empat nomor berbeda.

Sementara pada SEA Games 2021 di Vietnam, Rifda berhasil memboyong dua medali emas dan satu perak.

Dalam Kejuaraan Dunia Senam di Kairo, Rifda mendapatkan medali perunggu. Terakhir, di Kejuaraan Dunia Senam Artistik di Belgia, ia tampil memukai sehingga berhak melaju ke Olimpiade.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #rifda #irfanaluthfi #atlet #senam #pertama #yang #lolos #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR