Ini Cara Menyimpan Daging yang Terlanjur Direbus, Masih Bisa Awet Tahan Lama?
Ini Cara Menyimpan Daging yang Terlanjur Direbus, Masih Bisa Awet Tahan Lama? (pixabay)
15:24
17 Juni 2024

Ini Cara Menyimpan Daging yang Terlanjur Direbus, Masih Bisa Awet Tahan Lama?

Sering kali daging yang didapatkan pada masa Idul Adha 2024 seperti ini jumlahnya cukup banyak, sehingga tidak habis diolah satu kali. Untuk menyiasatinya, banyak orang yang merebus daging ini untuk kemudian disimpan. Tapi sebenarnya bagaimana cara menyimpan daging yang sudah terlanjur direbus dengan tepat sehingga bisa bertahan lama?

Daging yang direbus ditujukan untuk menghilangkan bau dari daging tersebut, sehingga ketika disimpan tidak membuat lemari pendingin memiliki aroma kurang sedap. Tapi tak banyak orang yang tahu cara menyimpannya dengan tepat.

Caranya sendiri adalah sebagai berikut.

Pertama, Dinginkan Daging setelah Direbus

Setelah direbus, dinginkan daging kambing yang Anda miliki. Hal ini untuk menghindari munculnya bakteri, sebab uap air yang muncul dari daging yang masih panas dapat memicu hal ini dan membuat daging menjadi tidak higienis.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet, Bebas Bau sampai Berbulan-bulan!

Pastikan dalam kondisi kering dan sudah dingin, kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup.

Kedua, Gunakan Wadah Tertutup

Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan daging ini. Pastikan wadah benar-benar tertutup rapat, sehingga tidak ada udara yang keluar atau masuk dari dan ke wadah tersebut. Sekali lagi, hal ini untuk mencegah adanya kontaminasi pada daging yang akan Anda simpan.

Tapi ingat, pastikan wadah yang digunakan telah memiliki tanda food grade sehingga kondisi daging tetap terjaga dan tidak mengalami kerusakan.

Ketiga, Masukkan di Rak Paling Bawah

Alih-alih memasukkannya ke dalam freezer, masukkan ke rak paling bawah di lemari es. Daging yang sudah direbus dan membeku akan menurun kualitasnya saat akan diolah kembali, karena nutrisinya sudah mulai berkurang.

Usia daging ini idealnya adalah satu minggu dalam keadaan relatif terjaga kualitasnya. Namun jika disimpan lebih dari seminggu, kualitas rasanya aklan menurun saat diolah atau dimasak.

Baca Juga: Rahasia Terbongkar! Ini Cara Masak Rendang Sapi Biar Empuk Pakai Bumbu Jadi, Dijamin Anti Alot

Keempat, Temperatur Lemari Pendingin

Mengenai temperatur lemari pendingin yang Anda gunakan untuk menyimpan daging ini, Anda juga wajib mencermatinya. Untuk daging yang sudah direbus, pastikan suhu lemari pendingin ada berada di angka 4 derajat Celcius.

Tingkat suhu ini dianggap paling ideal sebab tidak terlalu rendah hingga mencapai titik beku, namun tetap dapat membantu menghambat tumbuhnya bakteri pada daging.

Kelima, Beri Tanda

Agar tidak sampai melewati masa simpan yang disarankan, Anda dapat memberikan tanda yang jelas pada setiap wadah. Berikan tanda tanggal penyimpanan sehingga dapat diolah ketika masih dalam kondisi terbaiknya.

Itu tadi sekilas tentang cara menyimpan daging yang sudah terlanjur di rebus. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #menyimpan #daging #yang #terlanjur #direbus #masih #bisa #awet #tahan #lama

KOMENTAR