Sate Empuk Anti Alot! Rahasia Olahan Daging Kurban Super Lezat
Ilustrasi sate kambing - (Pixabay/saesherra)
16:25
12 Juni 2024

Sate Empuk Anti Alot! Rahasia Olahan Daging Kurban Super Lezat

Cara membuat sate daging kurban empuk dan lezat sebenarnya mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal pada daging kurban sebelum dibakar.

Tak terasa sebentar lagi masyarakat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan merayakan Hari Raya Idul Adha.

Pada momen Idul Adha, banyak orang akan membagikan daging kepada sanak saudara dan tetangganya untuk kemudian dinikmati bersama.

Beberapa orang memilih menggiling daging kurban untuk dijadikan bakso atau hanya memasaknya dengan bumbu kecap seperti biasanya.

Baca Juga: Mau Daging Kurban Awet Berbulan-bulan? Begini Cara Menyimpan dan Mencairkannya dari Kulkas, Bye Bakteri!

Akan tetapi, tak sedikit juga yang ingin membuat sate menggunakan daging hewan kurban. Membuat sate tidak semudah yang dikira.

Jika salah dalam penyajian dan cara masaknya, sate akan alot dan tidak enak dimakan. Beruntung, ada cara manjur yang bisa membuat sate daging kurban empuk dan lezat.

Cara Membuat Sate Daging Kurban yang Empuk dan Lezat

1. Pukul-pukul daging sebelum diiris kecil dan ditusuk ke dalam tusukan sate

Anda perlu memukul daging sebelum mengirisnya kecil-kecil. Dalam hal ini, Anda bisa ,menggunakan palu daging (atau palu dapur) untuk menumbuk steak membantu melunakkan dan melunakkan daging.

Baca Juga: Bolehkah Menyembelih Hewan Kurban Sendiri? Buya Yahya Jelaskan Hukumnya

Cukup letakkan daging di antara potongan bungkus plastik atau kertas lilin dan tumbuk sebelum dimasak.

Jika tidak memiliki palu daging, Anda juga bisa menggunakan alat dapur yang berat seperti wajan, panci, atau penggilas adonan.

Palu daging memiliki dua sisi, rata dan runcing. Ujung runcingnya memotong jaringan ikat dan serat otot, sehingga ketika dibakar daging akan matang merata.

2. Empukkan daging dengan bahan alami

Ada cara mengempukkan daging secara alami yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah membungkusnya dengan daun pepaya yang sudah diremas selama satu jam.

Nantinya, enzim papain dalam daun pepaya dapat mengempukkan serat daging. Atau jika Anda punya, Anda bisa mengempukkan daging dengan menggunakan papain bubuk.

Sementara cara kedua adalah dengan menggunakan nanas untuk mengempukkan daging sebelum ditusuk dan dibakar menjadi sate. Anda juga bisa menggunakan cuka untuk mengempukkan daging hewan kurban.

3. Bakar daging dengam lambat

Proses memasak dengan kecepatan rendah dan lambat akan memecah jaringan ikat dan melepaskan kolagen, sehingga menghasilkan daging yang kenyal dan empuk.

Jangan lupa untuk membolak-balik daging ketika dibakar agar empuk menyeluruh. Pastikan juga arang yang digunakan sudah panas sehingga kematangan daging akan pas.

4. Tusukan sate harus lebar

Jika ingin menghasilkan sate yang empuk, maka pilih tusukan yang lebar. Tusukan lebar cocok untuk daging sapi dan kambing.

Sementara tusukan sate kecil biasanya digunakan untuk membuat sate dari daging ayam. Anda bisa membeli tusukan sate di toko atau membuatnya sendiri.

Itulah cara membuat sate daging kurban yang empuk dan lezat. Semoga informasi mengolah daging korban Idul Adha ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #sate #empuk #anti #alot #rahasia #olahan #daging #kurban #super #lezat

KOMENTAR