Profil Simon Aloysius Mantiri, Anak Buah Prabowo Gantikan Ahok Jadi Komut Pertamina
Simon Aloysius Mantiri. [Facebook]
15:11
11 Juni 2024

Profil Simon Aloysius Mantiri, Anak Buah Prabowo Gantikan Ahok Jadi Komut Pertamina

Simon Aloysius Mantiri resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). Pengangkatan itu  dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Senin (10/6/2024) kemarin.

Adapun sosok Simon menggantikan Komut Pertamina sebelumnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Penunjukan itu dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan periode 2023.

“Pemegang Saham menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, melansir Antara News, Selasa (11/6/2024).

Diketahui bahwa Simon Aloysius Mantiri adalah anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra. Fakta ini kemudian semakin membuat publik penasaran dengan profil dari Komut Pertamina baru tersebut.

Baca Juga: Tangki TBBM Tuban Bocor, 5 Warga Dirawat dan Ribuan Orang Mengungsi

Profil Simon Aloysius Mantiri

Simon Aloysius Mantiri merupakan pria kelahiran Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara. Ia berperan dalam kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pipres 2024.

Ia adalah anak buah Prabowo yang ditugaskan sebagai wakil bendahara TKN saat kampanye Pilpres 2024. Selain itu, Simon juga aktif mengampanyekan sederet program Prabowo-Gibran di Sulut.

Simon saat ini pun tercatat sebagai anggota dewan pembina DPP Partai Gerindra. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Menkumham RI Nomor M.HH-23.AH.11.01 Tahun 2020.

Bukan hanya di dunia politik, Simon turut berkiprah sebagai pebisnis. Saat ini, ia diketahui menjabat Direktur PT Nusantara Energi Indonesia (NEI) yang didirkan pada 2012 lalu di Jakarta.

Baca Juga: Sosok Simon Aloysius yang Jadi Komisaris Utama Pengganti Ahok di Pertamina

Perusahaan investasi itu memiliki portofolio di berbagai sektor industri. Mulai dari transportasi laut curah, konstruksi, energi terbarukan, pasokan pekerja, hingga jasa pertambangan.

Melansir akun LinkedIn-nya, Simon mengaku pernah menjabat sebagai Asisten Pribadi CEO PT Nusantara Energy. Adapun perusahaan ini merupakan milik Prabowo Subianto.

PT Nusantara Energy mengelola sebanyak 27 anak perusahaan di berbagai sektor, tak terkecuali batu bara, perkebunan , dan kelapa sawit. Selain itu, Simon juga tercatat sebagai salah satu petinggi.

Tepatnya di PT Agro Industri Nasional (Agrinas), perusahaan yang menjalankan proyek Food Estate di Kalimantan Tengah. PT Agrinas juga beroperasi di bawah naungan yayasan.

Tempat yang dimaksud adalah Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP). Yayasan ini diketahui berperan dalam mengelola PT Teknologi Militer Indonesia (TMI).

Nusantara Group milik Prabowo itu mempunyai kantor di Jakarta Selatan. Tepatnya di lantai sembilan Menara Bidakara 2, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Tebet.

Prabowo sendiri memang menempatkan kader Gerindra untuk mengisi posisi di Agrinas, PT TMI, serta YPPSDP. Salah satunya, Simon yang kini juga menjabat Komut Pertamina.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #simon #aloysius #mantiri #anak #buah #prabowo #gantikan #ahok #jadi #komut #pertamina

KOMENTAR