Pendidikan dan Karier Mentereng Rieke Diah Pitaloka, Politikus PDIP yang Kritik Keras Tapera
Anggota Badan Legislasi DPR RI, Rieke Diah Pitaloka. [DPR]
14:38
5 Juni 2024

Pendidikan dan Karier Mentereng Rieke Diah Pitaloka, Politikus PDIP yang Kritik Keras Tapera

Kebijakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang telah diteken Presiden Joko Widodo atau Jokowi kini menuai banyak kontroversi. Kritikan keras juga datang dari anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka.

Mantan bintang sitkom Bajaj Bajuri ini mengkritik keputusan pemerintah untuk implementasi Tapera. Tak hanya itu, Rieke juga menyinggung soal banyaknya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di lapangan soal dana Tapera yang sempat bermasalah.

"Saya menyatakan mendukung untuk pembatalan dan penundaan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tapera," ucap Rieke dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (04/06/2024) lalu.

Kritikan Rieke ini bukan tak berdasar. Beberapa data yang terungkap dari BPK menunjukkan bahwa ada permasalahan dalam data Bapertarum-PNS atau Tapera sehingga perlu transparansi data dan pengembalian dana dari pengelola ke masyarakat penerima manfaat.

Baca Juga: Yang Terhormat Pak Jokowi, Soleh Solihun Protes Lagi Soal Iuran Tapera: Nabung, Tapi Wajib

"Kami pun mendesak pemerintah untuk segera membayarkan dana Bapertarum-PNS atau Tapera kepada peserta yang telah pensiun atau ahli waris dari peserta yang telah meninggal," lanjut Rieke.

Rieke disebut sebagai salah satu anggota DPR RI yang cukup vokal dalam mengkritik keras kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat.

Latar belakang pendidikan Rieke pun bukan sembarangan. Ia pun diketahui merupakan lulusan dari kampus top di Indonesia.

Lalu, seperti apa riwayat pendidikan dan karir yang pernah dijalani oleh pemeran "Oneng" di Bajaj Bajuri ini? 

Riwayat pendidikan Rieke Diah Pitaloka

Baca Juga: Terkenal dengan Nama Oneng, Rieke Diah Pitaloka Tuai Pujian Usai Tolak Keras Kebijakan Tapera

Pendidikan anggota Komisi VI DPR RI ini tak bisa dipandang sebelah mata. Rieke Diah Pitaloka berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya dari jurusan Sastra Belanda, Universitas Indonesia.

Tak hanya itu, Rieke sempat menempuh pendidikan non formal dengan mengikuti kursus ekstensi Filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta.

Berbekal dari pengetahuannya tentang ilmu filsafat dari kursus tersebut, Rieke memilih untuk melanjutkan pendidikan S2 di program studi Ilmu Filsafat Universitas Indonesia pada tahun 2001 lalu. Ia berhasil meraih gelar Magister Ilmu Filsafat pada tahun 2003.

Saat itu, Rieke masih bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebelum akhirnya hijrah ke PDI Perjuangan pada tahun 2008.

Rieke kemudian melanjutkan pendidikan doktor ilmu komunikasi di Universitas Indonesia pada tahun 2019 dan berhasil meraih gelar doktor pada tahun 2022 lalu.

Karir Rieke Diah Pitaloka

Sebelum terjun ke dunia politik, Rieke sendiri terbilang memiliki karier yang cemerlang di industri sinetron maupun perfilman.

Nama Rieke mulai dikenal publik sejak ia bermain di Sitkom 30 Meter (30 Menit Tertawa) dengan pelawak Komeng dan sitkom Bajaj Bajuri sebagai Oneng yang bermain peran bersama Mat Solar. Bukan hanya di dunia sinetron, Rieke sempat menjadi pembawa acara dan penulis buku. 

Ia mulai mengenal dunia politik pada tahun 2000 dengan bergabung bersama PKB. Namun karena konflik politik di PKB, Rieke hijrah ke PDI Perjuangan dan menjadi kader hingga saat ini.

Ia mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI periode 2009-2014 untuk dapil Jawa Barat II dan berhasil melenggang ke Senayan.

Pada tahun 2013, Rieke memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa Barat bersama Teten Masduki. Sayangnya, Rieke dan Teten tak berhasil menang dalam pilkada tersebut. 

Rieke kembali berkompetisi dalam pemilihan legislatif (pileg) periode 2014-2019 serta periode 2019-2024. Selama hampir 15 tahun menjabat dan menjadi salah satu petahana, Rieke banyak terlibat dalam keputusan kebijakan.

Kini, Rieke Diah Pitaloka dinyatakan kembali terpilih sebagai anggota DPR RI terpilih periode 2024 - 2029.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #pendidikan #karier #mentereng #rieke #diah #pitaloka #politikus #pdip #yang #kritik #keras #tapera

KOMENTAR