Plek-Ketiplek! Mahasiswi Kembar UGM Ini Lulus Bareng dengan Predikat Cum Laude
Sherlina Oktavian Putri dan Sherlita Oktavian Putri mahasiswi kembar UGM lulus bareng dengan cum laude. (Dok. UGM)
19:06
4 Juni 2024

Plek-Ketiplek! Mahasiswi Kembar UGM Ini Lulus Bareng dengan Predikat Cum Laude

Berbicara mengenai saudara kembar, biasanya identik dari segi wajah, tetapi memiliki kesukaan dan kepribadian yang jauh berbeda. Namun, hal ini rupanya berbeda dengan sosok Sherlina Oktavian Putri dan Sherlita Oktavian Putri.

Dua mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini rupanya tidak hanya memiliki wajah yang mirip. Namun, keduanya plek-ketiplek memiliki minat dan hobi yang sama. Tidak tanggung-tanggung, keduanya bahkan berhasil lulus dari UGM secara bersama dengan mata jurusan dan predikat sama.

Dikutip dari laman UGM, keduanya berhasil lulus dengan predikat cum laude dengan jurusan yang sama yakni Biologi. Hal ini menjadi perhatian karena jarang saudara kembar memiliki banyak kesamaan sampai kelulusan dari kampusnya itu.

Berdasarkan pengakuan Sherlina, ia tidak menyangka dapat lulus secara bersamaan dengan saudara kembarnya. Apalagi, tidak ada rencana sebelumnya keduanya ingin lulus dari UGM secara bersamaan.

Baca Juga: Komjen Pol (Purn) Dr (HC) Dharma Pongrekun, M.M., M.H.

“Kami tidak merencanakan untuk lulus bersamaan, hal tersebut kami dapatkan karena Dosen Pembimbing Skripsi kami yang sangat membantu dan membimbing dalam penulisan naskah skripsi,” kata Sherlina dikutip , Selasa (4/6/2024).

Rupanya, kesamaan ini tidak hanya dialami saat ini. Pasalnya, Sherlina dan Sherlita selalu berada di lembaga pendidikan sama mulai dari bangku sekolah dasar. Hal ini juga terbawa kepada kesukaannya dalam pelajaran Biologi. Oleh karena itu, saat SMA keduanya kompak mengambil jurusan IPA dan kuliah di jurusan Biologi.

“Kami selalu satu sekolah namun beda kelas. Kebetulan kami dulu SMA masuk pada jurusan IPA dan cukup menyukai pelajaran Biologi. Kami ingin masuk Biologi UGM karena merupakan salah satu Prodi terbaik di Indonesia, dan dukungan orangtua kami mendorong kami untuk memilih prodi tersebut,” jelasnya.

Selama kuliah, keduanya berada di satu indekos yang sama. Hal ini membuat keduannya menginspirasi dan membantu satu sama lain. Penelitian yang dilakukan keduanya juga membahas mengenai air limbah IPAL Sewon Bantul.

Topik penelitian Sherlina yakni “Pemanfaatan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.) sebagai Agen Fitoremediasi Logam Berat Kromium (Cr) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul” di bawah bimbingan Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto, S.U.

Baca Juga: Uang Korupsi Buat Skincare Hingga Cicilan Mobil Anak, Pukat UGM: SYL Sudah Tak Punya Kehormatan!

Sementara Sherlita mengambil judul “Pemanfaatan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms) Sebagai Agen Fitoremediasi Timbal (Pb) pada Air Limbah IPAL Sewon, Bantul, Yogyakarta” di bawah bimbingan Dr.rer.nat. Andhika Puspito Nugroho, M.Si.

Keduanya berhasil menyelesaikan studi dalam waktu 3 tahun 7 bulan 9 hari, lulus dengan predikat pujian atau cum laude. Sherlina lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.79. Sedangkan Sherlita lulus dengan IPK 3.80.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #plek #ketiplek #mahasiswi #kembar #lulus #bareng #dengan #predikat #laude

KOMENTAR