Profesi Mentereng Mendiang Adjie Massaid: Ayah Aaliyah Massaid Tak Cuma Aktif Jadi Aktor, tapi Juga ...
Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)
08:27
22 Mei 2024

Profesi Mentereng Mendiang Adjie Massaid: Ayah Aaliyah Massaid Tak Cuma Aktif Jadi Aktor, tapi Juga ...

Kabar Aaliyah Massaid dilamar oleh Thariq Halilintar masih menjadi perbincangan di kalangan publik. Munculnya kabar ini pun membuat sosok mendiang ayah Aaliyah Massaid, Adjie Massaid, turut menuai atensi.

Semasa hidupnya, Adjie Massaid dikenal sebagai aktor ternama. Pemilik nama lengkap Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid itu sudah membintangi banyak judul sinetron dan film selama berkarier.

Namun jika ditelusuri lebih lanjut, Adjie Massaid tidak hanya berprofesi sebagai artis. Mantan suami Reza Artamevia itu pernah menggeluti beberapa profesi yang tak kalah menjanjikan.

Apa saja profesi mendiang Adjie Massaid? Merangkum berbagai sumber, berikut akan dibahas beberapa profesi Adjie Massaid semasa hidupnya.

1. Model dan Aktor

Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)

Seperti disebutkan sebelumnya, Adjie Massaid berprofesi sebagai aktor dengan berbagai judul sinetron dan film. Tapi sebelum terjun ke dunia akting, Adjie Massaid lebih dulu berkecimpung sebagai model.

Adjie Massaid baru debut sebagai aktor pada tahun 1990 melalui film layar lebar karya Garin Nugroho yang berjudul "Cinta dalam Sepotong Roti". Setelah film ini, Adjie Massaid mulai banyak mendapat tawaran akting.

Adjie Massaid kemudian merambah ke layar kaca dengan membintangi berbagai judul sinetron. Di antaranya ada sinetron "Seberkas Kasih Mama", "Janji Hati", "Mutiara Cinta", serta "Mahligai di Atas Pasir".

2. Anggota DPR RI

Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)

Ya, Adjie Massaid juga berprofesi sebagai anggota DPR RI. Kala itu Adjie Massaid berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI selama dua periode berturut, yakni periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Adjie Massaid yang pada saat itu diusung oleh Partai Demokrat duduk sebagai anggota Komisi V DPR RI. Namun di tengah masa jabatannya di periode kedua, Adjie Massaid meninggal dunia akibat serangan jantung pada Februari 2011.

3. Manajer Timnas U-23 Pra-olimpiade

Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)Aaliyah Massaid dan Adjie Massaid (Instagram)

Pada tahun 2010, Adjie Massaid dipercaya untuk menjadi manajer Timnas Indonesia U-23. Penunjukkan Adjie Massaid dilakukan oleh Sekjen PSSI saat itu, Nugraha Besoes.

"Manajer Timnas U-23 adalah Adjie Massaid, asistennya Iwan Budianto," tutur Nugraha Besoes selaku Sekjen PSSI kala itu, seperti dikutip pada Rabu (22/5/2024).

Adjie Massaid memang diketahui memiliki pengalaman di bidang sepak bola. Semasa tinggal di Belanda sekitar tahun 1970-an, Adjie Massaid pernah memperkuat Ajax Junior yang menjadi klub sepak bola papan atas di sana.

Itulah deretan profesi yang diketahui pernah digeluti oleh Adjie Massaid semasa hidupnya.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #profesi #mentereng #mendiang #adjie #massaid #ayah #aaliyah #massaid #cuma #aktif #jadi #aktor #tapi #juga

KOMENTAR