Beda Kelas Gibran dan Bobby Nasution: Anak-Mantu Jokowi Kompak 'Ngekor' Prabowo
Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. [Suara.com]
15:15
21 Mei 2024

Beda Kelas Gibran dan Bobby Nasution: Anak-Mantu Jokowi Kompak 'Ngekor' Prabowo

Manuver politik keluarga Presiden Joko Widodo di Pemilu 2024 tak henti diperbincangkan. Usai Gibran Rakabuming Raka berpaling dari PDI Perjuangan dan menjadi wapres Prabowo Subianto, kini giliran Bobby Nasution yang mendaftarkan diri ke Partai Gerindra.

Bismillahirrahmanirrahim, saya telah resmi menjadi kader Gerindra dan juga turut mendaftar sebagai bacalon Gubernur Sumatera Utara dari Partai Gerindra,” tulis Bobby di Instagram-nya, dikutip pada Selasa (21/5/2024).

Dengan demikian, saat ini semua anak Jokowi sudah sepenuhnya berada di gerbong Prabowo. Pasalnya diketahui Kaesang Pangarep juga menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berkoalisi dengan Prabowo di Pilpres 2024.

Riwayat Pendidikan dan Latar Belakang Gibran Rakabuming Raka

Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024). (Suara.com/Novian)Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024). (Suara.com/Novian)

Manuver terbesar tentu dilakukan oleh Gibran yang langsung menjadi wapres Prabowo Subianto. Padahal diketahui saat itu partainya, PDIP, mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

Sontak sosok Gibran menjadi sorotan publik, termasuk soal riwayat pendidikannya yang ternyata cukup mentereng. Suami Selvi Ananda itu diriwayatkan bersekolah di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul dan SMP Negeri 1 Surakarta.

Lalu Gibran merantau ke Singapura untuk melanjutkan pendidikannya, yakni di Orchid Park Secondary School yang setara dengan SMA. Setelahnya Gibran melanjutkan studi di Management Development Institute of Singapore (MDIS).

Wapres terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka saat sowan ke rumah dinas Wapres Ma'ruf Amin di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Suara.com/Fakhri)Wapres terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka saat sowan ke rumah dinas Wapres Ma'ruf Amin di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (Suara.com/Fakhri)

Gibran akhirnya dinyatakan lulus dengan gelar B.Sc (Hons.) dari Universitas Bradford pada tahun 2010. Selain itu, Gibran juga diriwayatkan pernah menempuh pendidikan di program Insearch University of Technology Sydney (UTS) Australia.

Riwayat pendidikannya ini menjadi bekal untuk Gibran menekuni dunia bisnis seperti usaha furniture sang ayah sampai mendirikan katering Chilli Pari dan Markobar. Setelahnya Gibran sempat berkolaborasi untuk mendirikan sejumlah bisnis, sebelum terjun ke bidang politik dengan menjadi Wali Kota Solo.

Riwayat Pendidikan dan Latar Belakang Bobby Nasution

 Wali Kota Medan Bobby Nasution menunjukkan KTA Partai Gerindra. [Ist]Wali Kota Medan Bobby Nasution menunjukkan KTA Partai Gerindra. [Ist]

Riwayat pendidikan Bobby Afif Nasution sebenarnya tidak kalah mentereng dari sang kakak ipar, hanya saja almamaternya berasal dari dalam negeri semua. Bobby diriwayatkan pernah bersekolah di SD Muhammadiyah 2 Pontianak, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 22 Bandar Lampung, dan SMA Negeri 9 Bandar Lampung.

Setelahnya Bobby berkuliah di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) dan lanjut ke jenjang pascasarjana di kampus yang sama. Di kampus itu pula Bobby kemudian bertemu dengan Kahiyang Ayu yang kini dinikahinya.

Sebelum masuk ke dunia politik, Bobby ternyata sudah terjun ke bisnis properti sejak masih berusia 20 tahun, yakni dengan membeli rumah, merenovasi, kemudian menjualnya kembali. Puncaknya Bobby bergabung dalam proyek Malioboro City di Yogyakarta.

Wali Kota Medan Bobby Nasution. [dok Pemkot Medan]Wali Kota Medan Bobby Nasution. [dok Pemkot Medan]

Bobby juga sempat bekerja sebagai Direktur Marketing di raksasa properti Takke Group pada tahun 2016. Bobby juga dikabarkan memiliki 10-20 persen saham di perusahaan tersebut.

Bobby lalu mengawali karier politiknya dengan menjadi Wali Kota Medan, hingga belakangan mengincar jabatan Gubernur Sumatera Utara setelah resmi menjadi kader Partai Gerindra.

Kini Bobby juga aktif berkecimpung di dunia politik, yakni diawali dengan menjadi Wali Kota Medan hingga belakangan mengincar posisi Gubernur Sumatera Utara setelah resmi menjadi kader Partai Gerindra.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #kelas #gibran #bobby #nasution #anak #mantu #jokowi #kompak #ngekor #prabowo

KOMENTAR