Kenapa Kita Suka Menunda-nunda Pekerjaan? Ternyata Ada 5 Alasan Ilmiah di Baliknya
Ilustrasi orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. (Freepik/wayhomestudio)
17:58
17 Mei 2024

Kenapa Kita Suka Menunda-nunda Pekerjaan? Ternyata Ada 5 Alasan Ilmiah di Baliknya

Menunda-nunda pekerjaan merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Umumnya orang mengira kalau kebiasaan ini disebabkan karena rasa malas.   Sebenarnya, kebiasaan menunda-nunda atau biasa disebut procrastination tidak hanya disebabkan karena rasa malas. Dilansir dari mcleanhospital.org, Jumat (17/5), berikut lima alasan ilmiah di balik kebiasaan menunda-nunda pekerjaan:   1. Merasa Bosan   Perasaan bosan menjadi alasan yang masuk akal ketika berbicara soal kebiasaan procrastination. Kamu mungkin merasa bosan dengan pekerjaanmu dan menganggap bahwa tidak ada hal yang menyenangkan dari pekerjaanmu. Akhirnya kamu pun jadi menyimpan pekerjaanmu untuk dikerjakan nanti.  

  2. Kurang Percaya Diri   Alasan lain di balik kebiasaan menunda-nunda ialah kurangnya rasa percaya diri. Kamu mungkin merasa kalau dirimu belum mampu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadamu.   Padahal, kepercayaan diri dalam mengerjakan sesuatu sangatlah penting. Sebab, jika kamu tidak percaya diri, kamu akan berdiam diri dan tidak kunjung memulai tugasmu.   3. Merasa Takut   Pernahkah kamu menghindar dari pr matematika karena menganggap bahwa soal-soalnya sangat susah? Melihat soalnya saja sudah membuatmu takut. Kamu takut tidak bisa menyelesaikannya dengan baik sehingga akhirnya kamu memilih untuk mengerjakannya nanti.  

  Rasa takut atau cemas terhadap sebuah tugas cenderung membuat seseorang menunda untuk mengerjakannya. Semakin ia cemas terhadap tugas tersebut, semakin lama ia menundanya.   4. Perfeksionisme   Sifat perfeksionisme juga menjadi alasan kenapa seseorang suka menunda. Mereka yang perfeksionis mungkin berpikir bahwa mereka membutuhkan suasana yang tepat, mood yang baik, atau menunggu datangnya inspirasi supaya bisa mengerjakan tugasnya dengan sesempurna mungkin.   5. Distraksi   Distraksi menjadi salah satu faktor terbesar kenapa seseorang suka menunda-nunda pekerjaan. Suara notifikasi ponsel dan ketergantungan terhadap ponsel membuat seseorang mengalihkan fokusnya untuk mengecek media sosial alih-alih menyelesaikan tugasnya.  

  Niat awalnya mungkin hanya ingin mengecek media sosial sebentar saja, tapi malah berujung scroll berjam-jam sehingga membuat pekerjaan jadi terabaikan. Hayo ngaku, siapa yang sering begini?  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #kenapa #kita #suka #menunda #nunda #pekerjaan #ternyata #alasan #ilmiah #baliknya

KOMENTAR