Biodata dan Profil Hotman Paris: Usai Dukung Prabowo Kini Protes Pajak Hiburan Naik 40 Persen
Hotman Paris. (Instagram/hotmanparisofficial)
14:19
17 Januari 2024

Biodata dan Profil Hotman Paris: Usai Dukung Prabowo Kini Protes Pajak Hiburan Naik 40 Persen

Pengacara kondang Hotman Paris menjadi sorotan belakangan ini setelah ia hadir dalam debat capres di Istora Senayan, kawasan Gelora Bung Karno, Minggu (7/1/2024). Dalam kesempatan ini, Hotman Paris secara terbuka menyatakan dukungannya kepada capres Prabowo.

Namun, kini Hotman Paris kembali menjadi sorotan setelah memberikan protes terkait dengan tingginya Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan pada diskotik, karaoke, klub malam, bar, hingga spa. Hal tersebut diungkapkan oleh Hotman Paris melalui Instagram pribadinya @hotmanparisofficial.

"What? 40 sampai dengan 75 persen pajak? What? OMG (kelangsungan industri pariwisata di Indonesia terancam)," tutur Hotman Paris.

Merespons hal tersebut, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menjelaskan aturan terkait dengan pajak hiburan adalah kewenangan pemerintah daerah. Ia menegaskan pajak hiburan tidak diatur oleh pemerintah pusat.

Lantas, seperti apakah profil dan biodata Hotman Paris, usai dukung Prabowo kini protes pajak hiburan 40 persen? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Hotman Paris

Hotman Paris atau yang memiliki nama lengkap Dr. Hotman Paris Hutapea, S.H., LL.M., M.Hum ini lahir di Laguboti, Sumatera Utara pada 20 Oktober 1959 silam.

Melansir dari laman resmi IKA Unpar, Hotman Paris merupakan pengacara yang bergerak di bidang hukum bisnis internasional. 

Sosok Hotman Paris Hutapea merupakan pengacara kodang yang kerap wara-wiri di media Indonesia. Hotman Paris juga beberapa kali terlibat dalam penyelesaian kasus-kasus viral, seperti kasus pegawai minimarket di Tangerang Selatan yang diancam UU ITE, serta wanita yang dipukul oleh anggota DPRD di SPBU Palembang.

Tak hanya itu, Hotman Paris juga turut memviralkan kasus santri yang dianiaya hingga tewas di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur.

Rekam Jejak Karier Hotman paris

Dalam beberapa kesempatan Hotman Paris kerap mengakui bahwa ia sangat menyukai pekerjaannya. Menurutnya, ada tiga jenis pengacara atau lawyer.

Pertama, pengacara yang sudah berbakat sejak lahir, pengacara yang bagus, dan pengacara kurang pintar.

Menurutnya, seseorang tidak akan bisa menjadi pengacara yang hebat jika tidak pernah bekerja selama bertahun-tahun sebagai anak buah. 

Hotman Paris kerap muncul dalam beberapa permasalahan hukum yang terjadi di Indonesia.

Pengacara tersebut selalu memberikan suara dan bantuannya terhadap kasus-kasus yang terjadi. Sebut saja contohnya kasus tuduhan pelanggaran UU ITE yang ditujukan kepada seorang pegawai Alfamart yang diduga menyebarluaskan video seorang wanita berinisial M sedang ditemui oleh pegawai Alfamart karena dugaan pencurian coklat.

M yang mengaku tak mengetahui mengapa cokelat tersebut ada di dalam tasnya mengaku kaget karena dalam video “penggeledahan” tasnya dan ditemukan cokelat curiannya di Alfamart viral di media sosial.

Merasa tidak terima, M pun kemudian melaporkan pegawai Alfamart tersebut ke jalur hukum karena dianggap melanggar UU ITE.

Atas hal ini, Hotman Paris pun buka suara. Ia mengunggah sebuah video yang menyatakan bahwa dirinya siap membantu pegawai Alfamart tersebut untuk menempuh jalur hukum karena menganggap penyebaran video tersebut bukanlah sebuah kriminal.

Tak hanya itu, Hotman Paris juga pernah membantu kasus-kasus lainnya seperti bantuan hukum siswa ATKP Makassar yang meninggal, kasus pelecehan seksual anak umur 15 tahun, hingga kasus Baiq Nuril.

Pendidikan Hotman Paris

Hotman paris menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar), Bandung dan berhasil lulus pada 1981. Pada 1990, ia melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar Master of Laws atau LL.M di University of Technology, Sydney, Australia.

Hotman Paris juga menempuh pendidikan magister di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2005. Tak hanya itu, ia kembali mendalami ilmu hukum dengan melanjutkan studi doktor di Universitas Padjadjaran. Ia resmi menyandang gelar tersebut pada tahun 2011.

Hotman Paris meraih predikat cum laude alias lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji.

Biodata Hotman Paris

Nama Lengkap: Hotman Paris Hutapea

Nama panggilan: Hotman

Nama Panggung: Hotman Paris

Tempat Tanggal Lahir: Laguboti, Sumatera utara, 20 Oktober 1950

Umur: 70 Tahun

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Kristen

Profesi: Pengacara

Pendidikan: -

Anak: Frank Alexander Hutapea (1991), Felicia Putri Parisienne Hutapea (1995) dan Fritz Paris Junior Hutapea (1997)

Tahun Aktif:  – sekarang

Akun Instagram: @hotmanparisofficial.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #profil #hotman #paris #usai #dukung #prabowo #kini #protes #pajak #hiburan #naik #persen

KOMENTAR