Ada Quality Time dan Words of Affirmation, Berikut Love Language Orang dengan Kepribadian Introvert MBTI
Ilustrasi: untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan dibutuhkan bahasa cinta. (Dok.JawaPos.com)
16:46
15 Mei 2024

Ada Quality Time dan Words of Affirmation, Berikut Love Language Orang dengan Kepribadian Introvert MBTI

 

 

Love language atau bahasa cinta yang diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya “The Five Love Language”, menjelaskan cara-cara berbeda yang digunakan orang untuk mengekspresikan dan menerima cinta.

Bagi kepribadian introvert, khususnya dalam konteks MBTI, memahami dan beradaptasi dengan bahasa cinta yang tepat bisa memperkuat hubungan dan komunikasi dengan mereka.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai bahasa cinta yang sesuai untuk orang dengan MBTI introvert:

  1. ISFJ: Act of service

ISFJ adalah tipe kepribadian introvert yang dikenal sebagai ‘golden retriver’ karena mereka peduli, dapat diandalkan, dan bekerja keras. Mereka sulit mengatakan tidak karena tidak ingin mengecewakan orang lain. Dukungan praktis adalah ciri khas ISFJ, seperti mengantar dan menjemput orang terkasihnya atau memasak makanan tanpa diminta. Act of service adalah cara efektif untuk terhubung dengan ISFJ, membantu meringankan beban harian mereka, dan menunjukkan cinta dengan cara yang sama seperti mereka.

  1. ISFP: Physical touch

ISFP adalah kepribadian mandiri dan kreatif. Mereka sangat menghargai kegiatan yang melibatkan panca indera seperti seni, musik, dan memasak makanan. Mereka juga peka terhadap emosi orang lain. ISFP adalah pasangan romantis, untuk terhubung dengan ISFP, gunakan bahasa cinta physical touch seperti genggaman tangan, pelukan hangat, pijatan punggung yang menenangkan, dan lainnya.

  1. ISTJ: Receiving gifts

Berbicara tentang bahasa cinta, ISTJ memerlukan keseimbangan antara menunjukkan rasa terima kasih Anda dan menghormati ketidaktertarikan mereka pada hal-hal yang dianggap terlalu emosional. Untuk menunjukkan cinta kepada ISTJ, berikan hadiah yang praktis dan sederhana, seperti barang yang mereka butuhkan, daripada hadiah yang bersifat sentimental.

  1. ISTP: Physical touch

ISTP adalah kepribadian yang menggunakan kelima inderanya untuk berinteraksi dengan dunia. Untuk menunjukkan cinta kepada ISTP, ekspresikanlah dengan sentuhan fisik seperti tepukan punggung atau pelukan. Dengan melakukan sentuhan fisik, ISTP akan merasa lebih dekat dengan Anda.

  1. INTJ: Act of service

Mencintai seorang INTJ berarti mencintai seorang ‘mastemind’ yang didorong oleh logika dan fokus pada efisiensi. Mereka cenderung mengabaikan kebutuhan emosional dan mencari solusi. INTJ hebat dalam merencanakan masa depan tetapi sering merasa tidak puas dengan hasil karena perfeksionisme mereka. Untuk mengungkapkan cinta kepada INTJ, act of service atau memberikan sebuah tindakan pelayanan adalah hal yang bisa dilakukan. Membantu mereka dengan mengerjakan hal-hal kecil yang dapat meringankan beban mereka, memberi mereka perasaan dicintai.

  1. INTP: Word of affirmation

INTP adalah pribadi yang cerdas tetapi sering overthinking, dengan fokus pada logika dan analisis detail. Mereka cenderung mementingkan proses daripada hasil dan rentan terhadap kelelahan intelektual. Bahasa cinta mereka adalah kata-kata afirmasi yang tulus dan langsung. Mereka senang berdiskusi mendalam tentang ide-ide baru mereka. Dengarkan dan validasi pemikiran mereka.

  1. INFJ: Quality time

INFJ menikmati waktu berkualitas atau quality time bersama orang-orang terkasih mereka, seringkali berperan sebagai terapis karena intuisi kuat mereka dan kebijaksanaan tentang kehidupan. Oleh karena itu, bahasa cinta INFJ adalah quality time. Mereka juga menggunakan waktu berkualitas untuk menjelajahi dunia dalam diri mereka.

  1. INFP: Word of affirmation

Jika Anda memiliki teman atau pasangan INFP, Anda tahu betapa optimisnya mereka. Mereka senang menemukan kebaikan dalam segala situasi dan suka berimajinasi. Untuk terhubung dengan mereka, beri pujian hangat dan hindari kritik. Katakan betapa Anda menghargai mereka dan betapa pentingnya hubungan Anda.

Memahami bahasa cinta bagi kepribadian introvert adalah kunci untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan penuh makna. Dengan memberikan perhatian pada preferensi dan kenyamanan mereka, Anda bisa mengekspresikan cinta dengan cara yang lebih efektif dan memuaskan bagi kedua belah pihak.

Mengenal dan menghargai bahasa cinta yang sesuai akan membuat hubungan lebih harmonis dan mendalam.

Editor: Kuswandi

Tag:  #quality #time #words #affirmation #berikut #love #language #orang #dengan #kepribadian #introvert #mbti

KOMENTAR