Begini Kondisi di Uganda sampai Ivan Gunawan Tergerak Membangun Masjid
Potret Masjid Ivan Gunawan di Uganda. (Instagram/ivan_gunawan)
18:21
13 Mei 2024

Begini Kondisi di Uganda sampai Ivan Gunawan Tergerak Membangun Masjid

Ivan Gunawan mengungkapkan kondisi masyarakat di Uganda sehingga pada akhirnya memutuskan untuk membangun masjid di negara tesebut.

Masjid Ivan Gunawan di Uganda tersebut selesai dibangun pada awal 2024 lalu. Selain masjid, Ivan Gunawan juga membangun sumur sebagai sumber air bersih warga sekitar.

Menurut pria yang akrab disapa Igun tersebut, kondisi masyarakat muslim di lokasi pembangunan masjid itu sangat memprihatinkan karena mereka tidak memiliki tempat untuk beribadah. Mereka biasa beribadah beralaskan daun dan rumput.

Kondisi tersebut diketahui Ivan Gunawan dari salah seorang temannya bernama Hamzah Tamimy dari Golden Future Indonesia yang sedang berada di Afrika.

"Orang-orang Muslim di sana mereka nggak ada tempat ibadah. Kalau mau solat, solatnya di bawah ranting beralaskan rumput dan daun. Teru aku mikir, ya karena kebetulan di sana nggak ribet izin (pembangunan masjid), jadi kebetulan mereka ada di sana, mereka sangat amanah, ya sudah akhirnya aku bangun," ujar Ivan Gunawan.

Pada akhirnya, desainer kenamaan Tanah Air itu tergerak untuk membangun masjid agar masyarakat muslim di sana memiliki tempat beribadah yang layak.

Selain masjid, Ivan Gunawan juga membangun sumur agar warga sekitar mudah mendapatkan air bersih. Bahkan, ia memberi nama sumur itu dengan nama sang ibunda, Erna Gunawan.

"Sumur di sana aku kasih nama ibuku, Erna Gunawan. Aku kasih nama itu pengennya kalau (kelak) ibuku udah enggak ada, amal ibadahnya akan mengalir terus seperti air dari sumur yang aku buat," ucapnya.

Masjid yang dibangun Ivan Gunawan di Uganda itu tampak mencuri perhatian karena warna putihnya yang mencolok di tengah-tengah permukiman warga.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #begini #kondisi #uganda #sampai #ivan #gunawan #tergerak #membangun #masjid

KOMENTAR