Syahrini Hamil Anak Pertama, Cari Tahu Tips Jaga Kesehatan Saat Hamil di Usia 40-an
Transformasi Syahrini. (Tangkapan Layar)
13:16
13 Mei 2024

Syahrini Hamil Anak Pertama, Cari Tahu Tips Jaga Kesehatan Saat Hamil di Usia 40-an

Setelah menikah kurang lebih 5 tahun, Syahrini dikabarkan hamil anak pertamanya dengan Reino Barack di usianya yang menginjak 43 tahun. Kabar bahagia ini dibagikan langsung oleh sahabatnya, Andre Talabessy yang mengunggah foto Syahrini di Instagram..

Kabar kehamilan Syahrini ini juga disambut baik oleh para penggemar. Di sisi lain, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, kehamilan Syahrini sendiri dinilai cukup berisiko sebab usianya yang sudah menginjak 40 tahunan.

Mesi demikian, bukan berarti di perempuan yang sudah berusia 40 tahunan berbahaya untuk hamil. Hal ini karena kehamilan di usia 40-an tetap aman jika kesehatannya terjaga dengan baik. Dalam menjaga kesehatan kehamilan ini dapat dilakukan dengan berbagai hal.

Berikut terdapat beberapa tips menjaga kesehatan saat hamil di usia 40-an, dikutip dari laman Hello Sehat.

1. Melakukan pemeriksaan rutin

Dalam menjaga kehamilan, calon ibu harus rutin memeriksakan kandungannya. Apalagi di usia 40-an cukup rentan saat hamil. Untuk itu, penting adanya pemeriksaan Antenatal care (ANC), agar kesehatan fisik dan mental calon ibu. Pemeriksaan ini terdiri atas skrining fisik, tes darah, dan pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang dapat muncul selama kehamilan.

2. Jaga pola makan

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni menjaga pola makan. Calon ibu harus bisa menjaga pola makannya. Hal ini penting menjaga berbagai asupan yang masuk demi kesehatan janin dalam kandungan. Untuk itu, konsumsi makanan yang bergizi jadi hal penting demi menjaga kehamilan di usia 40-an.

3. Minum suplemen

Cara lain dalam menjaga kehamilan di usia 40-an yakni dengan minum suplemen. Kandungan dalam suplemen biasanya berisi asam folat, zat besi, dan kalsium. Berbagai kandungan tersebut memiliki dampak baik bagi ibu dan janin. Selain itu, suplemen juga membantu mencegah adanya cacat lahir pada bayi. Namun, suplemen ini juga tetap harus konsultasi dengan dokter untuk keamanannya.

4. Istirahat yang cukup

Sebab hamil di usia 40-an cukup rentan, maka calon ibu juga tidak boleh terlalu lelah. Usahakan, untuk mendapat istirahat yang cukup. Meski demikian, calon ibu juga tetap harus beraktivitas demi menjaga kesehatan. Namun, aktivitas yang dilakukan tidak boleh berlebihan sehingga kehamilan tetap terjaga dengan baik.

5. Olahraga rutin

Dalam menjaga kehamilan, penting juga adanya olahraga secara rutin. olahraga yang aman untuk ibu hamil, mulai dari senam salsa, zumba, yoga, ataupun pilates. Lakukan olahraga ini sekitar 15-30 menit cukup membantu menjaga kesehatan kehamilan.

6. Vaksinasi

Untuk mencegah adanya masalah kehamilan, calon ibu dapat melakukan vaksinasi. Dengan vaksinasi, ini akan membantu mencegah kehamilan di usia 40-an tetap terjaga dengan baik. Beberapa vaksinasi yang dapat dilakukan di antaranya hepatitis B,  tetanus/difteri/pertussis (Tdap),  MMR, varisela, dan vaksin kanker serviks.

Itu dia beberapa cara menjaga kehamilan di usia 40-an. Sementara itu, terkait kehamilan Syahrini ini diketahui dari unggahan Andre Talabessy. Dalam caption unggahannya, Andre Talabessy tampak mengucapkan selamat kepada Syahrini dan Reino Barack atas kehamilan anak pertama tersebut. Bahkan, ia mengaku tidak sabar menggendong anak dari Syahrini itu.

"Banyak orang mengatakan begini: tidak mungkin ibu incess mengandung, tidak mungkin ibu incess mengandung. Kalau Tuhan mengatakan mungkin, tidak ada seorang manusia pun yang menghalanginya, Selamat buat ibu incess dan pak RB atas dikaruniakan anak oleh Tuhan,” kata Andre Talabessy dalam unggahannya, Minggu (12/5/2024).

"Saya sangat senang mendengar dan melihat samb incess sudah mengandung. Saya tidak sabar untuk menggendong keponakan saya. Tuhan baik," tutupnya. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #syahrini #hamil #anak #pertama #cari #tahu #tips #jaga #kesehatan #saat #hamil #usia

KOMENTAR