Profil Billy Mambrasar: Stafsus Presiden Tegas Minta KIP-K Anak DPR Distop
Billy Mambrasar (Instagram)
16:26
11 Mei 2024

Profil Billy Mambrasar: Stafsus Presiden Tegas Minta KIP-K Anak DPR Distop

Salah seorang Staf Khusus atau Stafsus Presiden, yakni Billy Mambrasar terang-terangan menentang keberadaan KIP Kuliah afirmasi yang dialokasikan ke anak anggota DPR RI.

Billy dalam keterangannya, Sabtu (4/5/2024) mengungkap bahwa masih ada praktik anggota DPR yang memperoleh jatah KIP-K yang diberikan ke sanak dan saudara.

Billy sontak menegaskan bahwa praktik demikian kurang tepat lantaran masih banyak pemuda dan pemudi di Indonesia yang kurang mampu untuk membayar pendidikan namun ingin belajar. Ia lantas meminta keberadaan KIP-K anak DPR benar-benar distop.

Tak heran jika permintaan tersebut keluar dari sosok Billy Mambrasar. Sebab, Billy merupakan seorang pejuang pendidikan yang sudah banyak berkontribusi di tanah kelahirannya.

Profil Billy Mambrasar: Putra Papua pejuang pendidikan

Pria yang bernama lengkap Gracia Josaphat Jobel Mambrasar ini dahulunya tumbuh di keluarga kurang mampu yang hidup di Kepulauan Yapen, Papua. 

Billy lahir pada 17 Desember 1988 di Serui, Papua. Keluarganya harus berjuang memenuhi kehidupan sehari-hari dengan berjualan di pasar. Adapun Billy sontak tergerak untuk mengubah nasib keluarganya dengan menekuni pendidikan.

Berkat kegigihannya, Putra Papua ini berhasil mengantongi gelar S1 dalam bidang teknik, dari Institut Teknologi Bandung, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan.

Tak cukup dengan gelar Sarjana, Billy merantau ke Australia untuk mengejar gelar Master (setara S2) dalam Bidang Administrasi Bisnis, dari Universitas Nasional Australia.

Billy menjadi salah satu awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Indonesia Timur.

Kala belajar di Negeri Kangguru, Billy mendapakan perhatian dari pihak kampus atas prestasinya hingga dinobatkan menjadi Student of the Year pada tahun 2015.

Ia akhirnya melengkapi perjalanan pendidikannya dengan berkuliah di Said Business School, Universitas Oxford. 

Sepulangnya dari negeri nun jauh di sana, Billy mengabdikan hidupnya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama di daerah Indonesia Timur.

Billy juga sempat ditunjuk sebagai duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG Indonesia tahun 2019-2021 oleh Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Melalui tugas tersebut, Billy berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas sampah plastik di lautan Indonesia.

Billy juga merupakan perintis Papua Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif yang juga pernah mendapat dukungan dari Presiden Republik Indonesia. Program tersebut tak hanya terbatas berkiprah di Papua, namun juga di Provinsi Maluku.

Kekinian, Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengamati seluruh kontribusi Billy hingga mengangkatnya sebagai Staf Khusus Kepresidenan.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #profil #billy #mambrasar #stafsus #presiden #tegas #minta #anak #distop

KOMENTAR