Penampakan Rumah Basuki Hadimuljono di IKN Jadi Gunjingan Warganet: Sederhana tapi Rakyat Marah
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jadi fotografer di hari kedua KTT G20 (Twitter/@KemenPU)
10:24
8 Mei 2024

Penampakan Rumah Basuki Hadimuljono di IKN Jadi Gunjingan Warganet: Sederhana tapi Rakyat Marah

Video Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang memperlihatkan rumah dinasnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang sudah selesai dibangun viral di media sosial. Banyak yang menggunjing penampakan rumah dinasnya tersebut yang terlihat mewah.

Seperti melansir dari unggahan akun X @/adarwis pada Rabu (8/5/2024), tampak video ketika Basuki Hadimuljono menunjukkan rumah dinasnya di IKN Nusantara yang sudah selesai dibangun dan segera ditempati olehnya.

"Unboxing rumah menteri di IKN," tulis pengunggah video.

Rumah dinas tersebut tampak begitu mewah, megah, dan dilengkapi dengan fasilitas modern, salah satunya adalah smart door lock yang membuat menteri PUPR itu sempat terlihat kebingungan ketika hendak membukanya.

"Gimana ini caranya," kata Basuki kesusahan membuka pintu.

Basuki Hadimuljono mengatakan jika rumah dinasnya di IKN Nusantara ini terdiri dari 4 kamar tidur. Rumahnya pun dibangun dengan material yang berasal dari dalam negeri, kecuali sistem pintu masuknya.

Momen Menteri PUPR ini menunjukkan penampakan rumah dinas mewahnya di IKN Nusantara ini tentu saja langsung menyita perhatian warganet. Namun, banyak warganet yang justru melontarkan komentar negatif.

"Beberapa kali lihat yang di-posting tentang IKN adalah kemewahan rumah pejabatnya. Sepertinya kok rada-rada tone deaf tentang ketimpangan sosial yang ada ya," komentar warganet.

"Nah gini dong. Kan pejabat kita harus happy, difasilitasi rumah mewah, gaji gede, harus sejahtera. Kalau rakyat mah urusan nanti," ujar warganet.

"Sederhana tapi rakyat marah. Uang pajak aku akhirnya menjadi rumah mewah. Dan aku hanya bisa mencicil rumah subsidi selama 20 tahun," imbuh warganet.

"Alhamdulillah hidup enak sudah diwakilkan," timpal warganet.

"Konon di negara konoha rakyat yang bayar pajak, pejabat yang nikmatin fasilitas mewah," kata warganet.

"Uang pajak untuk membiayai fasilitas pejabat. Cakep! Boleh dong rakyat nginap sebentar di sana," ucap warganet.

"Mereka yang unboxing gue yang malu, tamak banget. Bukan kepentingan rakyat dulu malah kepentingan negara," komentar warganet lainnya lagi.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #penampakan #rumah #basuki #hadimuljono #jadi #gunjingan #warganet #sederhana #tapi #rakyat #marah

KOMENTAR