10 Tanda Kamu Jauh Lebih Cerdas daripada Kebanyakan Orang Menurut Psikologi, Bicara Sendiri hingga Penampilan Berantakan
Ilustrasi seseorang yang jauh lebih cerdas daripada kebanyakan orang ./(Freepik/wayhomestudio)
21:38
6 Mei 2024

10 Tanda Kamu Jauh Lebih Cerdas daripada Kebanyakan Orang Menurut Psikologi, Bicara Sendiri hingga Penampilan Berantakan

 

Psikologi menggali lebih tanda yang menandakan kecerdasan, tak selalu tentang membaca buku.

Kecerdasan bukan hanya tentang pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang rasa ingin tahu, empati, kemampuan beradaptasi, hingga keunikan dan keistimewaan seseorang.

Tanda dari seseorang yang dinilai jauh lebih cerdas daripada kebanyakan orang adalah sosoknya suka berbicara sendiri.

Selain itu, dia juga memiliki penampilan yang berantakan. Apakah kamu juga mempunyai tanda-tanda tersebut?

Ada beberapa tanda lain yang harus kamu ketahui. Untuk itu, simak artikel lengkapnya berikut ini, dikutip dari Ideapod.com, Senin (6/5).  



1. Suka Begadang

Ternyata, menjadi orang yang suka tidur malam tidak hanya sekadar pilihan gaya hidup, tetapi bisa menjadi tanda kecerdasan yang lebih tinggi.

Psikologi menunjukkan bahwa seseorang yang lebih suka menghabiskan waktu di tengah malam daripada bangun awal di pagi hari menunjukkan kecerdasan yang lebih tinggi. Hal ini bukan berarti early bird atau seseorang yang tidur lebih awal saat malam dan bangun awal di pagi hari tidak pintar.

Namun, jika kamu selalu merasa lebih terjaga dan produktif ketika semua orang tidur di malam hari, hal itu mungkin lebih dari sekadar kebiasaan.

Kemungkinan, otakmu menunjukkan kehebatan intelektualnya di saat yang tepat. Saat orang lain mengkritik kebiasaanmu tidur malam, itu bukan insomnia, melainkan sebuah kecerdasan.

2. Punya Rasa Ingin Tahu yang Besar

Jika kamu punya rasa ingin tahu yang besar, berarti kamu jauh lebih cerdas daripada kebanyakan orang. Psikologi menyoroti bahwa orang yang memiliki keingintahuan yang besar lebih cerdas dibandingkan orang pada umumnya.

Rasa ingin tahu membuatmu terbuka untuk belajar, terus mencari pengetahuan, dan pengalaman baru. Jangan ragu untuk mengajukan banyak pertanyaan karena hal itu menandakan dirimu cerdas.  



3. Sering Berbicara pada Diri Sendiri


Berbicara pada diri sendiri bukan berarti kamu menjadi gila. Sebaliknya, hal itu dapat menjadi tanda kecerdasan yang superior.

Psikolog menemukan bahwa berbicara sendiri sebenarnya dapat meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Hal ini dapat membantu untuk mengatur pikiranmu, merencanakan tindakan, memperkuat memori, dan mengendalikan emosi.

Obrolan kecil yang kamu lakukan dengan diri sendiri sebenarnya merupakan bentuk latihan intelektual.

4. Mudah Beradaptasi


Psikologi menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi berkaitan erat dengan kemampuan kognitif. Semakin cerdas dirimu, maka semakin baik dirimu dalam menilai situasi, memahami perubahan, dan menyesuaikan perilakumu untuk mencapai hasil terbaik.

Kemampuanmu untuk beradaptasi dan berkembang dalam situasi baru merupakan indikator yang jelas dari kecerdasanmu. Perubahan yang terjadi dapat menunjukkan kehebatan intelektualmu.  



5. Selalu Khawatir

Apakah kamu sering merasa khawatir? Ternyata hal tersebut tidak selalu buruk. Sebaliknya, hal ini dapat menjadi tanda bahwa dirimu lebih cerdas dari orang lain.

Psikolog telah menemukan hubungan antara kecemasan dan kecerdasan. Individu dengan IQ tinggi cenderung memiliki tingkat kekhawatiran dan kecemasan yang lebih tinggi.

Tampaknya, semakin cerdas dirimu, maka semakin besar kemungkinanmu dalam mempertimbangkan semua kemungkinan akibat dari suatu situasi, termasuk dampak negatifnya. Hal ini dapat menimbulkan banyak kekhawatiran.

Meskipun terkadang kamu merasa terbebani dengan kekhawatiranmu, tetapi kecenderunganmu untuk khawatir sebenarnya menjadi dari bukti kapasitas intelektualmu.

6. Kamu Berempati


Jika kamu bisa memahami dan merasakan apa yang dialami orang lain, maka kamu memiliki sifat empati. Namun, sikap empati ini tidak hanya menandakan kamu memiliki hati yang besar, tetapi juga menandakan dirimu mempunyai otak yang kuat.

Psikologi menunjukkan bahwa orang cerdas sering memiliki tingkat empati yang tinggi. Hal ini karena memahami perasaan orang lain memerlukan interaksi kompleks antara kecerdasan emosional dan proses kognitif.

Berempati berarti kamu dapat memahami dan menafsirkan sinyal emosional halus yang diberikan orang lain. Dibutuhkan pikiran yang cerdas untuk benar-benar memahami perasaan dan kebutuhan orang lain.  



7. Suka Menyendiri

Tanda lain bahwa dirimu mempunyai kecerdasan tinggi adalah kamu merasa nyaman ketika menikmati waktu saat sendirian. Psikolog berpendapat bahwa orang cerdas lebih suka menghabiskan waktu sendirian.

Orang tersebut merasa nyaman dengan pikirannya sendiri dan menggunakan waktunya untuk introspeksi, berpikir kreatif, dan mengembangkan diri. Ingat, kegemaranmu untuk menyendiri bukan introvert atau antisosial bahkan aneh, tetapi hal itu merupakan tanda kehebatan intelektualmu.

8. Penampilanmu Berantakan

Apakah kamu pernah dikritik karena penampilanmu berantakan atau ruangan yang tidak terorganisir? Jika iya, berarti kamu mempunyai tanda kecerdasan yang lebih tinggi.

Para psikolog menunjukkan bahwa orang yang hidup dalam kekacauan sering memiliki tingkat kreativitas dan kecerdasan yang tinggi. Orang tersebut terlalu sibuk dengan gagasan sehingga tidak memanfaatkan banyak waktu dalam organisasi.

Di sisi lain, ruang kerja yang berantakan bukan berarti kamu tidak terorganisir. Hal tersebut dapat menandakan bahwa otakmu terlalu sibuk menghasilkan ide-ide cemerlang sehingga merasa tidak perlu repot merapikannya.  



9. Kritis terhadap Diri Sendiri


Jika kamu kritis terhadap diri sendiri, hal itu menandakan dirimu cerdas. Psikolog berpendapat bahwa orang cerdas lebih sadar diri dan reflektif.

Orang tersebut sangat menyadari kekuatan dan kelemahannya hingga terus-menerus mengevaluasi serta mengkritik kinerjanya. Mengkritik diri sendiri bukanlah sebuah kelemahan, tetapi hal ini menandakan kamu memiliki kecerdasan untuk mengenali di mana kamu dapat berkembang.

10. Suka Belajar


Tanda terakhir dari seseorang yang cerdas adalah suka belajar. Apakah kamu juga suka belajar?

Psikolog berpendapat bahwa orang cerdas adalah pembelajar seumur hidup, selalu bersemangat untuk memperluas pengetahuan dan pemahamannya. Belajar dapat terwujud dalam banyak hal, seperti mempelajari bahasa baru, menyelami peristiwa sejarah, atau mempelajari keterampilan baru.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tanda #kamu #jauh #lebih #cerdas #daripada #kebanyakan #orang #menurut #psikologi #bicara #sendiri #hingga #penampilan #berantakan

KOMENTAR