10 Tips Bangun Rumah Sendiri Lebih Hemat Biaya Bagi Pasangan Muda
Ilustrasi Membangun Rumah Minimalis (Freepik)
14:26
5 Mei 2024

10 Tips Bangun Rumah Sendiri Lebih Hemat Biaya Bagi Pasangan Muda

Jawapos.com - Setiap orang pasti memiliki rumah impian masing - masing pada masa depan, namun ketika hendak membeli rumah kali seringkali banyak desain dan konsep rumah tidak sesuai harapan. Sehingga salah satu solusinya adalah bangun rumah sendiri.

Namun ternyata banyak yang beranggapan bahwa bangun rumah sendiri biasa yang dibutuhkan akan lebih mahal daripada beli rumah. Padahal tidak selalu demikian, anda bisa membangun rumah dengan biaya lebih hemat.

Dilansir dari laman Mitrarenov.com setidaknya terdapat dua hal yang menjadi kunci utama agar pembangunan rumah dari nol bisa berjalan dengan baik.

- Perencanaan teknis seperti desain rumah, kebutuhan material dan anggaran biaya.

- Waktu monitoring progress untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik.

Membangun rumah sendiri memang menjadi proses yang susah susah gampang. Apalagi kalau anda belum punya pengetahuan dalam proses pembangunan rumah, tentu akan sulit untuk membangun rumah.

Jika anda tertarik membangun rumah sendiri dari nol dengan biaya lebih hemat, artikel ini akan memberikan Tips membangun rumah sendiri dengan biaya yang lebih hemat yang dikutip dari laman eticon.co.id

Tips Bangun Rumah agar Hemat

1. Menggunakan Tanah Sendiri

Setiap rumah yang dibangun baik ukuran dan konsep pasti akan menyesuaikan luas tanah yang dimiliki.

Kita tahu harga tanah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga jika sudah memiliki tanah sendiri bisa lebih menghemat biaya pengeluaran.

Namun jika belum memiliki tanah sendiri, usahakan hindari membeli tanah ditengah kota jika dana nya minim.

Kecuali jika memang lokasi tersebut sesuai dengan yang diharapkan dan anggarannya mencukupi.

2. Buatlah Daftar Semua Kebutuhan

Langkah kedua untuk membangun rumah sendiri dengan biaya hemat adalah buatlah buat daftar semua kebutuhan hari ini hingga yang akan datang.

Sehingga ukuran dan bentuk rumah disesuaikan dengan kebutuhan yang anda rencanakan bersama keluarga pastinya.

Karena jangan sampai saat membuat rumah dengan kapasitas untuk pasangan anda, namun ternyata dalam beberapa tahun kedepan anda harus renovasi menambah kamar dan juga kamar mandi atau yang lainya karena bertambahnya jumlah personil dalam keluarga anda.

3. Tentukan Model Rumah Impian

Mengenai pemilihan model rumah impian silahkan anda cari dari berbagai sumber dan tentukan jika sudah mantap. Pastikan jangan terlalu mewah yang penting elegan dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Sebagai saran, saat ini mungkin model rumah minimalis banyak diminati para generasi sekarang. Karena walaupun rumah yang tidak begitu luas tapi bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya apalagi anda yang statusnya sebagai pasangan muda.

4. Rumah dengan Konsep Minimalis

Seperti yang disampaikan pada no 3 , konsep rumah minimalis menjadi favorit pasangan muda. Karena selain menghemat biaya, konsep rumah minimalis dinilai cukup fungsional untuk hidup berumah tangga.

Desain rumah minimalis biasanya terdiri dari lima ruangan saja, yakni 2 kamar tidur, satu ruang tamu, satu dapur, dan kamar mandi.

Sehingga untuk menjauhkan dari kesan sempit pada setiap ruangan, maka diperlukan sentuhan jasa desain rumah sudah profesional.

5. Susun Rencana Anggaran Biaya Sedetail Mungkin

Perencanaan biaya sangatlah penting dilakukan di awal ketika ingin membangun rumah sendiri. Penyusun rencana anggaran biaya (RAB) berguna untuk mengetahui seberapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah dari nol sampai selesai.

Ada beberapa komponen dalam menyusun RAB, seperti material bangunan, jasa tukang bangunan atau borongan.

Jangan lupa, naikan 5% hingga 10% RAB anda, untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak seperti kecelakaan, kerusakan alat, membeli bahan bangunan tambahan, dan lainnya.

6. Pilihlah Musim yang Tepat

Jika desain sudah ditentukan dan RAB telah tersusun dengan baik, langkah selanjutnya adalah menentukan musim yang tepat unruk membangu rumah. Usahakan pilih musim kemarau saat hendak membangun rumah.

Karena kita semua tentu tahu membangun rumah saat musim hujan memiliki risiko yang cukup tinggi, karena selain turunya hujan juga bisa berpotensi angin kencang, petir, dan area kerja yang licin sehingga sangat berbahaya untuk tetap bekerja.

7. Selektif Memilih Tukang Bangunan

Jika anda ingin melakukan penghematan biaya, maka harus selektif dalam memilih tukang bangunan. Pastikan memilih tukang yang memiliki reputasi baik, profesional, dan hasil yang bagus.

Karena semakin bagus tukang yang dipilih, maka semakin efisien pula waktu yang digunakan dalam membangun rumah.

Maka dari itu silahkan meminta rekomendasi melalui rekan yang pernah memiliki pengalaman dalam membangun rumah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan

8.Selektif Memilih Material Bangunan

Bahan bangunan yang cukup prioritas untuk digunakan sebagian selektif dalam melakukan pembelian, silahkan memanfaatkan diskon yang ditawarkan toko material bangunan.

Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan bahan bangunan bekas pembongkaran seperti kusen kayu, keramik/tegel, daun pintu, dan lainnya.

Untuk rangka atap, bisa menggunakan rangka atap baja ringan karen lebih murah dan efisien. Namun, sebelum menyusun dan mendesain rangka atap, usahakan untuk berkonsultasi kepada penyedia jasa desain struktur bangunan terpercaya.

9. Gunakan Material Lokal

Selain memanfaatkan material bangunan dengan harga diskon, anda juga bisa memilih menggunakan material lokal, yang penting bahan tersebut memiliki kualitas bagus, sehingga bisa menghemat pengeluaran biaya pembuatan rumah sendiri.

Jangan sampai anda memaksakan diri untuk mendatangkan material bangunan dari berbagai daerah dengan harapan menghasilkan rumah yang mewah, namun nantinya pengeluaran anda akan membengkak diluar dugaan.

10. Bangun Rumah Secara Bertahap

Membangun rumah secara bertahap dikenal menjadi salah satu alternatif yang dapat diambil untuk pasangan muda yang ingin memiliki rumah sendiri. Anda tidak harus membangun rumah dari nol sampai selesai saat itu juga.

Jika memang sementara dana yang dimiliki hanya mampu untuk membuat pondasi dan rangka luar saja, ya cukup sampai disistudulu.

Setelah ada aganggaran lagi baru pembangun rumah selanjutkan sesuai dengan anggaran yang tersedia sampai rumah selesai dengan sempurna.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tips #bangun #rumah #sendiri #lebih #hemat #biaya #bagi #pasangan #muda

KOMENTAR