5 Ciri-Ciri Rekan Kerja Toxic yang Harus Diwaspadai, Apa Saja?
Ilustrasi rekan kerja yang toxic. (Freepik/teksomolika)
15:08
4 Mei 2024

5 Ciri-Ciri Rekan Kerja Toxic yang Harus Diwaspadai, Apa Saja?

Selain gaji dan perkembangan karir, lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang sama pentingnya dalam pekerjaan. Sebab, lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas.

Budaya dan rekan yang negatif dapat membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman, yang akhirnya memperburuk mood dan produktivitas.

Sayangnya, banyak orang yang belum sepenuhnya sadar tentang bagaimana ciri-ciri rekan kerja yang memiliki perilaku toxic.

Dilansir dari Inc dan Risely pada Sabtu (4/5), berikut ciri-ciri rekan kerja yang toxic:

1. Sering Gosip
Orang yang sering menyebarkan rumor dan gosip tentang orang lain di tempat kerja merupakan orang yang toxic. Mereka senang mencari, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi bahkan ketika informasi itu mungkin tidak akurat.

Alasan orang bergosip biasanya karena ingin mencari perhatian atau untuk memanipulasi informasi karena punya kepentingan pribadi.

Perilaku ini dapat menyebabkan tumbuhnya ketegangan dan rasa saling tidak percaya di antara rekan kerja.

2. Selalu Menyalahkan
Menegur atau memarahi rekan kerja jika terjadi kesalahan merupakan hal yang wajar dalam dunia kerja.

Namun, banyak kasus di mana seseorang selalu mengkritisi rekan kerjanya tanpa menyadari bahwa dirinya pun sering membuat kesalahan.

Selain itu, rekan kerja yang toxic juga cenderung menjadikan orang lain sebagai kambing hitam jika terjadi sebuah masalah.

Padahal, mungkin saja kesalahan itu adalah akibat perbuatannya, tapi Ia tidak menyadarinya atau tidak mau mengakuinya dan memilih untuk menyalahkan orang lain.

3. Raja/Ratu Drama
Rekan kerja yang toxic sangat suka membuat drama di tempat kerja. Selain suka bergosip, rekan kerja yang drama juga suka membesar-besarkan masalah.

Mereka punya kebiasaan untuk membesar-besarkan masalah sepele ketimbang mencari solusinya.

4. Mengontrol Secara Berlebihan
Rekan kerja yang toxic juga selalu berusaha untuk mengendalikan setiap situasi dan orang-orang di sekitarnya (micromanaging). Mereka bersikeras bahwa segala sesuatu harus berada dalam kendalinya.

Misalnya, kamu mengusulkan pendekatan baru untuk menyelesaikan sebuah tugas atau masalah, namun rekan kerjamu menolak tanpa mempertimbangkannya dan bersikeras bahwa caranya adalah cara yang terbaik.

Selain itu, rekan kerja yang punya sifat micromanaging selalu menuntut progres dari sebuah pekerjaan setiap saat atau bahkan mengintervensi tugas yang seharusnya dilakukan oleh orang lain.

5. Narsis
Rekan kerja yang narsis sangat fokus pada dirinya sendiri dan mengabaikan rekannya yang lain.

Mereka selalu berusaha untuk mendominasi percakapan, mengarahkan diskusi sesuai kepentingan mereka, dan mencari perhatian. Semua itu dilakukan karena mereka sangat mengharapkan pujian dan validasi dari orang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ciri #ciri #rekan #kerja #toxic #yang #harus #diwaspadai #saja

KOMENTAR